EMI jadi Anak Usaha, PLN Dorong Realisasi Target Ekonomi Hijau

PT PLN (Persero) meresmikan PT Energy Management Indonesia (PT EMI) ke dalam PLN Group untuk mendukung inisiatif dekarbonisasi menuju green economy, Jumat (22/10). Masuknya PT EMI sebagai anak perusahaan PLN telah tertuang dalam keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia terkait perubahan anggaran dasar PT Energy Management Indonesia pada 9 September 2021.

“Dengan demikian syukur alhamdulilah PT energi management Indonesia telah sah menjadi anak perusahaan PLN,” imbuh Direktur Utama PLN, Zulkifli Zaini, Jumat (22/10).

Menurutnya, berdasarkan rencana umum energi nasional, terdapat beberapa butir kunci mengenai kebijakan dan pendukung di bidang energi. Pertama, ketersediaan energi untuk kebutuhan nasional. Kedua green, yaitu penetapan EBT sebagai pengembangan energi nasional ke depan yang dibarengi dengan pengembangan dan penerapan teknologi energi.

Terkait dengan aspirasi green ini, pemerintah menyampaikan pesan sebagaimana dikutip dari pidato Presiden republik Indonesia Joko Widodo 16 Agustus 2021, yaitu ekosistem investasi dan kolaborasi di dunia usaha juga dimaksudkan untuk mempercepat perkembangan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi khususnya arah ekonomi hijau atau green economy.

“Dari pesan tersebut prinsip green ekonomi salah satunya adalah penurunan CO2 dan tingkat polusi menuju zero net emission akan kita arahkan. Pemerintah juga telah mencanangkan target Indonesia menuju net zero emission selambat-lambatnya tahun 2060,” ujarnya.

Author: bpf pekanbaru