Euro 2020: Belanda Beri Kado Kaus Buat Pandev yang Pensiun

Pemain timnas Makedonia Utara, Goran Pandev, yang menyatakan pensiun mendapat kenang-kenangan dari timnas Belanda di laga terakhir penyisihan Grup C Euro 2020 (Euro 2021).

Dilansir Reuters, timnas Belanda memberikan kaos berwarna oranye yang bertuliskan angka 122 kepada Pandev. Angka itu adalah jumlah penampilan Pandev di kompetisi internasional mewakili Makedonia Utara.

Selain itu, rekan-rekan Pandev di timnas Makedonia Utara juga melakukan aksi penghormatan ketika dia digantikan di babak kedua dalam pertandingan melawan Belanda.

 

Pada pertandingan terakhir itu, Belanda menang 3-0 atas Makedonia Utara.

Pelatih Igor Angelovski memanggil kembali Pandev untuk bermain saat dia menangani timnas Makedonia Utara sejak 2015 silam. Saat itu Pandev bermain untuk klub Liga Serie A Italia, Genoa.

Pandev yang juga pernah bermain untuk Inter Milan pada 2010 mencatatkan prestasi dengan meraih tiga gelar yakni juara Liga Champions, Liga Serie A dan Coppa Italia.

Pandev tercatat sudah 121 kali tampil di timnas Makedonia Utara sejak 2001. Negara itu merdeka dari Yugoslavia pada 1991.

Dia mencetak 38 gol sepanjang kiprahnya untuk tim nasional. Euro 2020 merupakan kejuaraan besar pertama yang diikuti oleh Makedonia Utara.

Pelatih Igor Angelovski yang juga menyatakan pensiun selepas Euro 2020 mengaku bangga meski timnya tiga kali kalah, yakni dari Austria, Ukraina dan Belanda.

“Kami ingin melakukan lebih baik dan seharusnya tidak ada satupun yang kecewa karena ini adalah debut pertama kami di kompetisi besar dan yang saya bisa lakukan adalah berterima kasih atas segenap upaya para pemain,” ujar pelatih berusia 45 tahun itu.

Comments are closed.