Euro ikut digilas dollar AS

Bestprofit-futures : Rapat Federal Open Market Committee (FOMC) mampu mengangkat mata uang dollar Amerika Serikat (AS). Pasangan EUR/USD melemah 0,09% ke level 1,0974 dibanding penutupan hari sebelumnya.

euro

 

 

 

 

Sri Wahyudi, Research and Analyst PT Fortis Asia Futures menuturkan, berdasarkan hasil FOMC meeting, the Fed memang menahan tingkat suku bunga di level 0,25%. Namun, sejumlah pernyataan The Fed memberi indikasi suku bunga akan naik tahun ini. Hal ini didasarkan pada ekonomi AS yang mulai membaik, baik dari sektor perumahan maupun tingkat pengangguran yang terus menurun. Hal ini lah akhirnya membuat dollar AS mengungguli euro.

Sementara dari sisi euro, data tingkat Jerman mengalami kenaikan tertinggi sejak tahun 2014. Padahal prediksi sebelumnya angka pengangguran akan turun,” paparnya kepada KONTAN.

Wahyudi memprediksi pasangan EUR/USD akan melanjutkan pelemahan. Dari sisi USD, akan ada rilis data penting yakni GDP kuartal II-2015 yang diprediksi naik menjadi 2,6% dari sebelumnya minus 0,2%.

Di samping itu, AS akan merilis data klaim pengangguran yang diperkirakan naik menjadi 268.000 dari sebelumnya sebesar 255.000. Tapi, menurut Wahyudi, perubahan tersebut tidak signifikan. Pasalnya, jika unemployment claim di bawah 300.000, dianggap masih berada di level positif.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/euro-ikut-digilas-dollar-as

Comments are closed.