Fakta Kapal `Serbu Amfibi 075 China, Terbesar Ketiga Dunia

China telah memproduksi sendiri kapal serbu amfibi tipe 075 yang digunakan sebagai kapal induk yang mengangkut dan mendaratkan helikopter.

Kapal milik Angkatan Laut China ini tercatat sebagai kapal terbesar di China dan ketiga terbesar di dunia. Tak heran lantaran kapasitas muatan kapal ini yang sangat besar.

Kapal serbu amfibi 075 bisa mengangkut 30 helikopter dan sejumlah tank, kendaraan bersenjata, kapal jet, ratusan pasukan angkatan laut untuk penyerangan darat dan pasukan operasi susulan.

Kapal-kapal juga akan dapat digunakan untuk mengerahkan kapal pendarat dan pasukan, ditambah tempat komando, dan operasi kontrol.

Untuk kapal amfibi ini, China telah luncurkan dua jenis. Jenis kedua meluncur April tahun ini, sementara jenis pertama meluncur September lalu.

Peluncuran kapal induk itu didedikasikan sebagai peringatan 71 tahun pendirian People’s Liberation Army Navy (PLAN), pada 26 April lalu. China berencana untuk membangun tambahan satu kapal tipe 075.

Dilansir dari Global Security, berat total kapal ketika bermuatan penuh (displacement) adalah 36 ribu hingga 40 ribu ton.

Kapal memiliki panjang 235 meter dan lebar (beam) 33 meter. Kapal disenjatai dengan dua H/PJ-11 30 mm (1.2 in) CIWS dan dua peluncur misil HHQ-10 SAM.

Dilansir dari South Morning China Post, sebagai kapal ketiga terbesar dunia, ukuran kapal ini di belakang kapal Wasp dan Amerika milik Amerika Serikat.

Dengan hubungan antara Taipei dan Beijing yang memburuk, dan sengketa yang berlarut-larut atas pulau-pulau di Laut Cina Selatan, PLAN juga telah juga telah memesan sejumlah kapal induk helikopter (LHD) dalam beberapa tahun terakhir.

Dalam produksi pertama, China membuat tiga kapal tipe 075. Sebelumnya, China telah memproduksi lima Tipe 071 kapal serbu amfibi 25 ribu ton juga telah diluncurkan sejak 2016, tiga di antaranya telah ditugaskan dan dua sedang dalam uji coba laut.

Dilansir dari Naval News, kapal Tipe 075 ini mulai dikembangkan sejak 2011. Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan serangan amfibi vertikal negara itu. Hal ini diperlukan mengingat kontur pantai timur Taiwan yang bergunung-gunung.

Pembangunan kapal China ini tergolong cepat. Hal ini sudah menjadi kenormalan baru bagi China yang kerap membangun semua serba cepat.

1Pingbacks & Trackbacks on Fakta Kapal `Serbu Amfibi 075 China, Terbesar Ketiga Dunia