Flu Burung Merebak di Jerman, 14 Ribu Kalkun Jadi Korban

Pemerintah Jerman memusnahkan 14 ribu ekor ayam kalkun akibat merebaknya wabah flu burung.

 

Dilansir Reuters, Rabu (3/2), wabah flu burung itu merebak di kawasan peternakan di Negara Bagian Brandenburg.

Menurut pemerintah setempat, saat ini sudah tiga kali terjadi tiga wabah di lokasi berbeda di negara bagian itu dalam beberapa pekan terakhir.

 

Dari hasil pemeriksaan, para pakar menemukan virus flu burung H5N8 menjangkiti kalkun di peternakan yang berada di wilayah Uckermark.

Kejadian itu menambah daftar negara Eropa yang dilanda wabah flu burung dalam beberapa bulan terakhir. Diduga virus itu menular dari kawanan burung liar.

Wabah flu burung juga menyebabkan pemerintah Swedia memutuskan memusnahkan 1.3 juta ekor ayam, setelah virus itu terdeteksi merebak di sebuah peternakan setempat.

Selain itu, pemerintah Belanda juga memusnahkan 190 ribu ekor ayam usai flu burung mewabah di setidaknya dua peternakan unggas.

Kementerian Pertanian Belanda merinci 100 ribu ekor ayam dimusnahkan di sebuah peternakan di Kota Hekendorp, Provinsi Oudewater. Sementara, 90 ribu sisanya dimusnahkan di Kota Witmarsum di utara Friesland.

Sampai saat ini, risiko infeksi flu burung terhadap penduduk Eropa diperkirakan masih minim. Namun, merebaknya wabah itu memicu pemusnahan unggas secara besar-besaran.

Comments are closed.