GBP/CAD pertahankan keunggulan

Bestprofit-futures : Posisi CAD ternyata belum mampu terdongkrak oleh data ekonomi yang positif. Efeknya, GBP dengan potensi kenaikan suku bunganya masih mampu mengungguli dollar Kanada.

JAKARTA,15/04-FLUKTUASI MATA UANG. karyawan bank merapikan lembaran mata uang rupiah dan dolar Amerika di Jakarta, Rabu (15/4). Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pertumbuhan ekonomi global masih moderat dan tidak merata dengan menggarisbawahi perbedaan pertumbuhan negara-negara utama dunia di tengah dampak yang berbeda dari fluktuasi mata uang dan harga minyak yang lebih rendah.KONTAN/Fransiskus Simbolon/15/04/2015

 

 

 

 

 

 

 

 

Pasangan USD/CAD melesat 0,16% ke level 1,3131 dibanding hari sebelumnya. Begitu juga pasangan EUR/CAD yang menguat signifikan 0,54% di level 1,4400. Terakhir, pairing GBP/CAD pun unggul 0,06% ke level 2,0349. Rangkaian rilis data ekonomi Kanada yang seharusnya bisa menopang CAD antara lain Building Permits Mei 2015 naik tajam dari minus 13,9% menjadi 14,8%.

Employment change Juni 2015 melesat 6,6 ribu dari sebelumnya minus 6,4 ribu. Tingkat pengangguran bertahan di level 6,8% serta Ivey PMI lebih baik dari prediksi 51,8 di level 52,9. Menurut Suluh Adil Wicaksono, Analis PT Millenium Penata Futures, GBP sebenarnya tidak cukup kuat untuk mengungguli CAD. Karena jika menilik dari sisi data ekonomi pendukung fundamental GBP kalah telak.

Neraca perdagangan Inggris Mei 2015 mengalami pembengkakan defisit dari sebelumnya minus 8,4 miliar poundsterling menjadi minus 9,2 miliar poundsterling. Namun, “rilis data ekonomi USD yang tidak memuaskan atau terhitung biasa saja membuat GBP kembali mengungguli USD dan ini mengangkat posisi GBP terhadap mata uang lainnya termasuk CAD.

Sebabnya, baik GBP maupun USD sedang berada pada posisi yang sama untuk meningkatkan suku bunganya dalam waktu dekat. Sentimen ini membuat sterling jauh unggul di atas CAD dari sisi kestabilan perekonomian.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/gbpcad-pertahankan-keunggulan

 

Comments are closed.