GDP AS Turun Melebihi Ekspektasi, Harga Emas Spot Rally Hari Ke-3

bpfBestprofit Pekanbaru – Harga emas pada perdagangan Rabu 25 Juni 2014 di Bursa COMEX terpantau ditutup kembali menguat dini hari tadi melanjutkan trend bullish hari ke-4. Penguatan harga emas dipicu oleh fundamental positif kuat dari rilis data GDP AS pada Rabu lalu.

Faktor Fundamental positif terhadap pergerakan harga emas kembali semakin menguat setelah GDP AS untuk kuartal 1 rilis pada Rabu. GDP AS yang berada di level -2,9% berada cukup jauh dari ekspektasi analis yang memperkirakan GDP kuartal 1 AS akan berada di level -1,0%. Imbas dari rilis data tersebut, harga emas kian menguat akibat demand investasi safe haven berpotensi akan terpacu oleh kondisi perekonomian global yang semakin kurang meyakinkan.

Sebelumnya, harga emas telah terdorong menguat oleh beberapa faktor fundamental yang mempengaruhi pergerakan harga emas. Kebijakan The Fed untuk tidak mengubah tingkat suku bunga mendekati 0%, konflik Irak, dan juga pelemahan perekonomian kawasan EURO telah berdampak pada pergerakan menguat harga emas hingga ke kisaran level di atas $1.300/t oz.

Walaupun demikian, pergerakan harga emas terpantau tidak bergerak menguat terlalu signifikan dengan adanya rentetan fundamental positif tersebut. Hal tersebut diduga disebabkan kecenderungan trend bullish harga emas sejak awal Juni telah berdampak pada pelemahan daya beli investor yang berimbas pada lesunya pembelian emas di bursa.

Pada perdagangan Rabu 25 Juni 2014, harga emas spot Comex terpantau ditutup menguat tipis. Harga emas spot Comex naik 0,08% ke tingkat harga $1.318,9/t oz atau menguat $1/t oz.

Sedangkan pada perdagangan emas berjangka Comex, harga emas berjangka juga ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak paling laku Agustus 2014 naik 0,1% ke tingkat harga $1.322,6 atau menguat $1,3/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas berpotensi untuk melemah meskipun fundamental positif terhadap pergerakan harga emas masih kuat. Hal tersebut dilandasi oleh potensi aksi profit taking yang cukup tinggi pada perdagangan hari ini karena secara teknikal penguatan harga emas telah jenuh dengan berada di level 69,4. Terkait pergerakan harga emas pada perdagangan hari ini, range normal pergerakan harga emas Comex diprediksi akan berada di kisaran $1.298-$1.338 pada emas berjangka kontrak Agustus 2014 dan $1.303-$1.332 pada emas spot.

Comments are closed.