Harga Emas dan Perak Bangkit Terdukung Oleh Laporan Manufaktur Tiongkok

BESTPROFIT PEKANBARUBESTPROFIT PEKANBARU – Perdagangan bursa komoditas logam berjangka di hari Rabu(1/4), harga emas dan perak terpantau alami kenaikan dengan diperdagangkan lebih tinggi ketika aktifitas manufaktur Tiongkok mengalami peningkatan di bulan Maret.

Berlangsungnya perdagangan di sesi Asia, emas berjangka pengiriman Juni telah diperdagangkan lebih tinggi 0.37% di level $1.187.60 per troy ounce di divisi Comex, New York Mercantile Exchange. Sejak pagi ini pergerakan harga emas telah bergerak menyentuh level $1.182.70 untuk sesi terendah harian dan level $1.188.30 untuk sesi tertinggi harian.

Pada pergerakan perak berjangka pengiriman Mei telah terpantau tinggi sebesar 0.54% di level $16.688 per troy ounce dimana telah bergerak menyentuh level $16.612 untuk sesi terendah harian dan level $16.723 untuk sesi tertinggi harian.

Harga emas dan perak terpantau kembali mencoba menyusun kenaikan setelah terjadinya peningkatan aktifitas manufaktur Tiongkok. Berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh CFLP menyatakan bahwa PMI Manufaktur Tiongkok telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 50.1 di bulan Maret, dari 49.9 di bulan Februari.

Laporan terpisah lainnya yang dirilis oleh Markit menyatakan bahwa HSBC PMI Manufaktur Tiongkok telah alami kenaikan, yang disesuaikan secara musiman menjadi 49.6 di bulan Maret dari 49.2 di bulan Februari.

Di sesi sebelumnya, pergerakan harga logam berjangka telah alami penurunan tajam ketika meningkatnya kepercayaan konsumen di wilayah Amerika, dimana berdasarkan laporan resmi yang dirilis oleh Conference Board Inc. menyatakan bahwa kepercayaan konsumen AS telah mengalami kenaikan tajam, yang disesuaikan secara musiman menjadi 101.3 di bulan Maret dari 98.8 di bulan Februari.

Sementara itu masih di wilayah Amerika, nantinya pasar akan dihadapkan dengan laporan perkiraan pertumbuhan lapangan pekerjaan, pasar property, dan aktifitas manufaktur di wilayah AS . Jika serangkaian laporan ekonomi Amerika tersebut memperlihatkan terjadinya pemulihan maka potensi pelemahan harga emas dapat terjadi dan akan mendorong dollar AS menguat mengingat pergerakan keduanya cenderung berlawanan.

Akan tetapi, jika hasil laporan ekonomi AS nanti malam memperlihatkan bahwa terjadinya perlambatan pertumbuhan ekonomi Amerika maka hal ini akan menjadi peluang bagi harga emas mengalami kenaikan.

Sumber : http://financeroll.co.id/news/harga-emas-dan-perak-bangkit-terdukung-oleh-laporan-manufaktur-tiongkok/

Comments are closed.