Harga Emas LLG Anjlok, Perekonomian Global Bergerak Membaik

imagesBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada perdagangan Kamis 31 Juli 2014 terpantau kembali ditutup melemah melengkapi trend bearish sepanjang pekan ini. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh rentetan rilis data perekonomian global yang memperlihatkan indikasi penguatan.

Beberapa data penting terkait perekonomian Amerika Serikat, Uni Eropa, dan juga Jerman yang menjadi fokus global pada pekan ini, terpantau memberikan sentimen negatif kuat terhadap harga emas. Kecenderungan data yang berada dalam posisi positif, membuat demand terhadap aset safe haven turun drastis dan berdampak pada anjloknya harga emas di bursa.

Berdasarkan rilis data perekonomian Amerika Serikat, harga emas tergerus oleh penguatan GDP Amerika Serikat yang naik melebihi ekspektasi pada Rabu lalu. GDP kuartal 2 Amerika Serikat yang sebelumnya berada di posisi -2,1% dan diprediksi akan naik ke 2,9%, justru melambung ke level 4%. Dampak dari hal tersebut, minat terhadap emas turun drastis meskipun data pekerja Amerika Serikat justru memburuk berdasarkan data ADP employment change yang turun dari 281.000 ke 218.000 dan initial jobless claims yang naik dari 279.000 ke 302.000.

Sementara dari rilis data perekonomian Uni Eropa dan Jerman, kondisi data juga memberikan indikasi penguatan ekonomi Eropa. Berdasarkan rilis-rilis data inflasi dan juga pengangguran dari kedua wilayah tersebut, seluruh data menunjukan pergerakan membaik. Dari data inflasi, terpantau Jerman berhasil menurunkan tingkat inflasi dari 1% ke 0,8% sedangkan Uni Eropa dari 0,5% ke 0,4%. Sedangkan untuk data pengangguran, pengangguran Jerman berhasil menurun sebesar 12.000 pada bulan ini meskipun masih berada di level 5,1% sementara Uni Eropa berhasil menekan tingkat pengangguran dari 11,6% ke 11,5%.

Dampak dari perekonomian global yang cenderung bergerak membaik tersebut, harga emas LLG tergerus signifikan pada penutupan dini hari tadi. Harga emas LLG anjlok 1,04% ke tingkat harga $1.282,7/t oz atau melemah $13,5/t oz.

Sedangkan pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas juga mengalami penurunan di penutupan dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 1,09% ke tingkat harga $1.282,8/t oz atau melemah $14,1/t oz.

Analis memprediksi harga emas masih akan mengalami tekanan secara fundamental namun berpotensi menguat akibat faktor pembelian. Hal tersebut dilandasi oleh posisi RSI yang telah cukup jenuh di level 29,25. Walaupun demikian, pergerakan harga emas akan cukup terpengaruh oleh rilis data sektor pekerja Amerika Serikat yang baru akan rilis hari ini. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.265-$1.303,5 pada emas LLG dan $1.270-$1305 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

(sumber:vibiznews)

Comments are closed.