Harga Emas LLG Lanjut Rally Hari ke-4 Meski Klaim Pengangguran AS Menurun

dollarrrBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Kamis 9 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh masih kuatnya sentimen positif dari rilis hasil pertemuan FOMC Rabu lalu.

Hasil rapat FOMC yang memberikan kecenderungan indikasi masih akan menahan tingkat suku bunga rendah di Amerika Serikat akibat perekonomian yang belum stabil, terpantau masih memberikan sentimen positif kuat pada emas. Melemahnya fondasi tekanan negatif dari ekspektasi pemercepatan peningkatan suku bunga Amerika Serikat tersebut, membuat harga emas semakin leluasa menguat disaat data perekonomian global memburuk. Adapun landasan buruknya perekonomian global dilandasi oleh penurunan proyeksi pertumbuhan ekonomi global oleh IMF dan rilis data industri Jerman yang negatif pada rilis data pekan kemarin.

Meskipun terdorong menguat oleh sentimen positif kokoh dari rilis hasil pertemuan FOMC, penguatan harga emas relatif terbatasi oleh adanya perbaikan dari data initial jobless claims AS. Data initial jobless claims AS yang sebelumnya diprediksi meningkat dari 288.000 ke 294.000 justru turun ke level 287.000. Dampak dari data tersebut, pergerakan Dollar AS pun terdorong menguat sehingga pembelian emas melemah.

Pada penutupan perdagangan Kamis 9 Oktober 2014, harga emas LLG terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas LLG ditutup naik 0,25% ke tingkat harga $1.224,20/t oz atau menguat $3,05/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di Comex, harga emas juga ditutup menguat namun dalam level yang signifikan. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik hingga 1,6% ke tingkat harga $1.225,3/t oz atau menguat $19,3/t oz.

Analyst  memprediksi harga emas masih akan cenderung berada dalam trend positif pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh cenderung pudarnya kekhawatiran akan potensi pemercepatan peningkatan suku bunga AS yang dapat memicu koreksi penurunan tajam di akhir kuartal 3 lalu. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.206-$1.240 pada emas LLG dan $1.210-$1.241 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

Comments are closed.