Harga Emas LLG Melambung Tinggi Pasca MH 17 Jatuh di Ukraina

Emas-Naik-Dalam-Tiga-Hari-TerakhirBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada perdagangan Kamis 17 Juli 2014 terpantau ditutup menguat cukup signifikan dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh aksi beli para investor pasca anjloknya harga emas di awal pekan dan fundamental positif kuat dari isu jatuhnya pesawat penumpang Malaysia Airlines di Ukraina.

Pergerakan emas yang sebelumnya telah diprediksi akan lesu pada pekan ini pasca indikasi pemercepatan peningkatan suku bunga AS oleh The Fed, kini justru terpantau mendapat fondasi penguatan kokoh. Setelah terdorong oleh aksi beli akibat anjloknya harga emas pada dua hari perdagangan awal pekan ini, emas semakin kokoh akibat perkembangan konflik Ukraina Rusia.

Berdasarkan rilis berita dini hari tadi, dikabarkan pesawat Malaysia Airlines MH 17 tertembak jatuh di kawasan Ukraina Timur yang berdekatan dengan wilayah perbatasan Rusia. Imbas dari hal tersebut, para investor kembali tertarik sentimen kuat dari eskalasi konflik antara Rusia-Ukraina yang sebelumnya sempat mereda sehingga demand terhadap aset safe haven khususnya emas kembali menguat signifikan akibat penurunan minat investasi di bursa saham.

Pada perdagangan Kamis 17 Juli 2014, harga emas LLG terpantau ditutup menguat cukup signifikan dini hari tadi. Harga emas LLG naik hingga 0,77% ke tingkat harga $1.319,25/t oz atau menguat $9,95/t oz.

Sedangkan pada perdagangan emas berjangka di Comex, harga emas juga terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 nai 0,55% ke tingkat harga $1.316,9/t oz atau menguat $7,1/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih akan cenderung menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh sentimen positif kuat dari potensi meluasnya dampak krisis Ukraina ke Rusia yang telah menyita perhatian global pasca jatuhnya MH-17 di Ukraina. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.288-$1.340/t oz pada emas LLG dan $1.285-$1.342 pada emas berjangka Comex kontrak Agustus 2014.

(sumber:vibiz)

Comments are closed.