Harga Emas LLG Melambung Tinggi Terangkat Anjloknya USD

investasi emasBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada perdagangan Senin 30 Juni 2014 terpantau ditutup menguat signifikan dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG pada dini hari tadi dipicu oleh pergerakan signifikan nilai mata uang USD terhadap major currency lainnya.

Pergerakan harga emas LLG yang sebelumnya diprediksi mulai lesu, terpantau justru mengalami lonjakan harga dalam level signifikan pada perdagangan Senin 30 Juni 2014. Kondisi geopolitik global yang belum stabil dengan konflik Irak yang terus memanas dengan kabar terbaru dari pasukan Irak yang mulai mempersiapkan serangan ke wilayah ISIS di Tikrit cukup kokoh menjadi landasan harga emas untuk menguat.

Selain konflik Irak, kembali memanasnya konflik antara Ukraina dan Rusia juga turut mendorong harga emas untuk kembali menguat. Terpantau pada Minggu, pertempuran antara tentara Ukraina dengan gerakan separatis Pro-Rusia kembali terjadi di kawasan timur kota Slaviansk.

Walaupun harga emas mengalami dorongan terkuat dari kembali memburuknya kondisi geopolitik global, penguatan diduga lebih dipengaruhi oleh pergerakan nilai USD di Bursa Forex. Nilai USD yang anjlok signifikan terhadap major currency lainnya, diduga menjadi pemicu aksi beli yang kemudian berimbas pada penguatan signifikan harga emas. Seperti diketahui, sebelumnya pergerakan harga emas mulai memasuki masa lesu akibat penurunan daya beli investor terhadap emas yang telah melambung sangat tinggi. Namun, dengan anjloknya nilai USD, harga emas kembali relatif lebih terjangkau bagi investor asing.

Pada perdagangan Senin 30 Juni 2014, harga emas LLG terpantau ditutup menguat signifikan. Harga emas LLG ditutup naik hingga 0,86% ke tingkat harga $1.327,25/t oz atau menguat $11,3/t oz.

Sedangkan dari Bursa Comex, emas berjangka Comex juga terpantau ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,15% ke tingkat harga $1.322/t oz atau menguat $2/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas akan dipengaruhi oleh data unemployment rate kawasan EURO serta data manufaktur AS untuk pergerakan harga hari ini. Namun, dengan prediksi kondisi positif pada kedua data, diperkirakan penguatan emas akibat ekskalasi konflik global akibat konflik Irak dan Ukraina-Rusia akan sedikit tertahan. Selain itu, diprediksi investor akan cenderung melakukan posisi wait and see terhadap pidato Janet Yellen yang akan rilis pada Rabu. Walaupun demikian, harga emas LLG serta berjangka Comex masih berpotensi untuk menguat tipis pada perdagangan hari ini dengan range normal pergerakan $1.303-$1.341 pada emas LLG dan $1.301,5-$1.340,5 pada emas berjangka Comex untuk kontrak Agustus 2014.

(sumber:vibiznews)

Comments are closed.