Harga Emas LLG Melemah untuk Hari ke-3 Beruntun, Dollar AS Beri Tekanan

Harga-Emas-Turun-DrastisBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Selasa 30 September 2014 terpantau ditutup melemah cukup signifikan. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh pergerakan kembali menguat pada nilai Dollar Amerika Serikat.

Kembali menguatnya nilai Dollar AS terpantau semakin menjatuhkan harga emas LLG pada perdagangan Selasa lalu. Sentimen dari ekspektasi pemercepatan peningkatan suku bunga Amerika Serikat, kembali terus cenderung memicu nilai Dollar Amerika Serikat untuk menguat. Dampak dari hal tersebut, selain pelemahan daya beli investor peralihan pola investasi juga menjadi momok kuat terhadap pergerakan harga emas selaku safe haven.

Bahkan dampak dari sentimen ekspektasi kelanjutan kebijakan The Fed terlihat berhasil cenderung menutup sentimen positif dari kisruh di Hong Kong dan jatuhnya consumer confidence Amerika Serikat. Masih terus berlangsungnya demo di Hong Kong serta anjloknya consumer confidence Amerika Serikat dari level 93,4 ke 86 merupakan sentimen positif cukup kuat terhadap pergerakan harga emas, namun dampak Dollar AS pada perdagangan kemarin berpengaruh lebih kuat.

Pada penutupan perdagangan Selasa lalu, harga emas LLG ditutup melemah cukup signifikan dini hari tadi. Harga emas LLG ditutup turun 0,63% ke tingkat harga $1.208,20/t oz atau melemah $7,70/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 0,59% ke tingkat harga $1.211,6/t oz atau melemah $7,2/t oz.

Analis  memprediksi harga emas akan cenderung kembali melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi akan membaiknya data ADP employment change. Namun, harga emas juga berpotensi menguat akibat doronga teknikal dan support dari ekspektasi penurunan GDP kawasan EURO. Sementara terkait pergerakan harga, range normal harga emas diprediksi akan berada di kisaran $1.189-$1.227 pada emas LLG dan $1.190-$1.229 pada emas berjangka Comex.

Comments are closed.