Harga Emas LLG Tergerus Data GDP Kuartal 2 Amerika Serikat

emas-dunia-harian130612cBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014 terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG dipicu oleh rilis data GDP kuartal 2 AS yang berada dibawah ekspektasi meskipun pergerakan emas juga terdorong menguat oleh indikasi kelanjutan kebijakan The Fed.

Data GDP kuartal AS yang naik melebihi ekspektasi terpantau menjadi faktor determinan penggerak harga emas terkuat pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014. Rilis data yang menunjukan adanya peningkatan pertumbuhan ekonomi AS dari -2,1% di kuartal 1 ke 4% pada kuartal 2 dengan ekspektasi awal di 2,9%, memberi indikasi perekonomian di AS telah tumbuh baik. Imbas dari hal tersebut, permintaan terhadap emas mengalami penurunan akibat pelemahan minat aset safe haven.

Walaupun data GDP AS cukup kuat mempengaruhi pola pelemahan emas pada Rabu lalu, beberapa data penting lain terpantau dapat menahan pelemahan pada harga emas. Data-data lain seperti ADP employment change AS dan kelanjutan kebijakan The Fed, justru memberikan sentimen positif terhadap pergerakan harga emas. Berdasarkan data pekerja AS, dikabarkan bahwa peningkatan perekrutan tenaga kerja hanya berada di level 218.000 atau turun 63.000 dan berada di bawah ekspektasi di 230.000. sementara pada kelanjutan kebijakan The Fed, pada rilis pertemuan dini hari tadi, tingkat suku bunga AS dinyatakan belum akan mengalami perubahan.\

Pada perdagangan Rabu 30 Juli 2014 yang ditutup dini hari tadi, harga emas LLG terpantau mengalami pelemahan. Harga emas LLG turun 0,23% ke tingkat harga $1.296,2/t oz atau melemah $2,95/t oz,

Sedangkan pada perdaganan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 turun 0,28% ke tingkat harga $1.296,9/t oz atau melemah $3,6/t oz.

Analis  memprediksi harga emas akan cenderung melanjutkan aksi wait and see terhadap beberapa data pekerja di Jerman, Uni Eropa dan AS yang segera rilis hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh kondisi fundamental sementara dari pasar AS yang mixed. Namun, indikasi dari The Fed yang belum meningkatkan tingkat suku bunga serta potensi peningkatan pada data klaim pengangguran awal AS dapat memicu harga emas untuk bangkit. Terkait pergerakan harga emas, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.282-$1.310 pada emas LLG dan $1.285-$1.312 pada emas berjangka Comex kontrak Agustus 2014.

(sumber:vibiznews)

Comments are closed.