Harga Emas LLG Tersupport Teknikal, Dollar Kian Mantapkan Pergerakan

dollarrrBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Senin 6 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat signifikan dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh adanya dorongan aksi beli teknikal dan support dari pergerakan nilai Dollar AS di pasar valuta asing.

Pergerakan harga emas yang anjlok signifikan pada hari terakhir perdagangan pekan lalu, terpantau menjadi salah satu faktor yang membuat harga emas dapat melejit pada hari perdagangan pertama pekan ini. Posisi indikator-indikator teknikal pada emas yang memasuki fase jenuh melemah pasca penurunan tajam tersebut dengan posisi RSI di bawah 30, membuat posisi terindikasi oversold sehingga aksi beli pun menguat. Dampak dari penguatan aksi beli tersebut harga emas pun terdorong menguat.

Selain dorongan teknikal yang telah jenuh melemah, pergerakan harga emas juga cukup tersupport oleh nilai Dollar AS yang turun di pasar valuta asing. pergerakan nilai Dollar AS yang turun, membuat daya beli asing terhadap emas di pasar komoditas Amerika Serikat yang diperdagangkan dalam Dollar AS pun menguat akibat sepinya dorongan fundamental perekonomian global pada Senin lalu sehingga harga semakin kokoh menguat.

Pada penutupan perdagangan Senin 6 Oktober 2014, harga emas LLG terpantau ditutup menguat signifikan dini hari tadi. Harga emas LLG ditutup naik hingga 1,28% ke tingkat harga $1.207,20/t oz atau menguat $15,25/t oz.

Sementara pada penutupan perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga ditutup menguat signifikan dini hari tadi. harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 1,21% ke tingkat harga $1.207,3/t oz atau menguat $14,4/t oz.

Analis  memprediksi harga emas akan cenderung kembali ke trend melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh masih tingginya kekhawatiran investor terhadap potensi pemercepatan peningkatan suku bunga AS oleh The Fed. Selain hal tersebut, ekspektasi data JOLTs job opening juga diestimasi berada dalam kondisi positif dan dapat menurunkan nilai aset safe haven. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.185-$1.220 pada emas LLG dan $1.170-$1.227 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

Comments are closed.