Harga Emas LLG Tertekan Data Penjualan Rumah Baru Amerika Serikat

Emas-Anjlok-Lagi-Bukukan-Harga-Rendah-35-BulanBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Rabu 24 September terpantau ditutup melemah dini hari tadi. Pelemahan harga emas LLG pada penutupan dini hari tadi dipicu oleh data penjualan rumah baru Amerika Serikat yang naik hingga ke level 6 tahun tertinggi.

Rilis data penjualan rumah baru Amerika Serikat yang melejit ke 6 tahun tertinggi, terpantau memicu turunnya harga emas LLG. Data penjualan rumah Amerika Serikat yang menunjukan peninkgatan signifikan dari level 1,9% ke level 18% atau 427.000 ke 504.000 memicu optimisme akan bangkitnya perekonomian Amerika Serikat. Dampak dari hal tersebut, minat terhadap investasi safe haven pun meredup.

Selain sentimen data penjualan rumah baru Amerika Serikat yang melejit, harga emas LLG juga tertekan oleh kembali menguatnya nilai Dollar Amerika Serikat di pasar valuta asing ke level 4 tahun tertinggi. Dampak dari peningkatan nilai Dollar Amerika Serikat tersebut, selain daya beli investor yang melemah, peralihan pola investasi pun turut menyupport runtuhnya harga emas.

Dampak dari rentetan sentimen negatif tersebut, pada penutupan dini hari tadi harga emas LLG ditutup melemah. Harga emas LLG ditutup turun 0,52% ke tingkat harga $1.223,35/t oz atau melemah $6,30/t oz.

Sementara dari perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga ditutup melemah pada penutupan dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 0,21% ke tingkat harga $1.219,5/t oz atau melemah $2,5/t oz.

Analis  memprediksi harga emas berpotensi mengalami penguatan pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi akan anjloknya data durable goods order Amerika Serikat. Sementara terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.200-$1.230 pada emas LLG dan $1.210-$1.232 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

Comments are closed.