Harga Emas Mixed, Klaim Pengangguran Amerika Serikat Membaik

emasBestprofit Pekanbaru – Harga emas LLG pada penutupan perdagangan Kamis 2 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat tipis dini hari tadi. Penguatan harga emas LLG dipicu oleh masih adanya sentimen positif dari ketidakstabilan politik di Hong Kong..

Dampak dari belum stabilnya kondisi politik di Hong Kokng dengan adanya demonstrasi menuntut demokrasi penuh di negara tersebut terpantau masih cukup kuat menjadi determinan penggerak harga emas. Potensi terjadinya gangguan di Hong Kong yang meluas ke dataran Tiongkok, memicu minat terhadap pembelian aset safe haven meningkat untuk menghindari risiko gangguan stabilitas di kedua negara Asia Timur tersebut. Dampak dari hal tersebut harga ema pun cukup terangkat.

Walaupun demikian, pergerakan harga emas pada perdagangan Kamis lalu juga cukup tertekan secara fundamental akibat rilis data initial jobless claims Amerika Serikat yang membaik. Berdasarkan rilis data tersebut pada Kamis waktu Amerika Serikat, klaim pengangguran dilaporkan turun dari 295.000 ke 287.000 dan jauh di bawah ekspektasi di 298.000. dampak dari rilis data tersebut, harga emas pun cukup tergerus menjelang akhir perdagangan akibat penguatan ekspektasi pemercepatan peningkatan suku bunga AS seiring data pekerja yang positif.

Pada penutupan perdagangan Kamis 2 Oktober 2014 dini hari tadi, harga emas LLG terpantau ditutup menguat tipis. Harga emas LLG pada dini hari tadi ditutup menguat tipis 0,07% ke tingkat harga $1.214,60/t oz atau menguat $0,80/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di bursa Comex, harga emas juga justru ditutup melemah tipis dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 0,03% ke tingkat harga $1.215,1/t oz atau melemah $0,4/t oz.

Analis Vibiz Research Centre memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi akan membaiknya data non farm payroll Amerika Serikat yang akan rilis hari ini. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.194-$1.229,5 pada emas LLG dan $1.195-$1.231 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

Comments are closed.