Harga Emas Mixed, Pergerakan Dollar AS Beri Support Harga Spot

Save-the-Euro-with-GoldBestprofit Pekanbaru – Harga emas spot dan berjangka di Bursa Comex pada penutupan perdagangan Rabu 28 Agustus 2014 terpantau ditutup mixed dini hari tadi. Mixed pada harga emas Comex dipicu oleh sentimen berbeda arah dari pergerakan nilai Dollar AS dan Wall Street pada perdagangan Rabu lalu.

Minimnya sentimen dari data-data perekonomian global pada perdagangan Rabu lalu, terpantau berdampak pada pergerakan harga emas yang lebih didasari oleh pergerakan bursa saham global khususnya Wall Street dan nilai Dollar AS. Pergerakan Wall Street yang cenderung masih menguat pada Rabu lalu masih memberikan tekanan pada emas, sementara nilai Dollar AS yang melemah justru memberik support penguatan. Dampak dari kedua hal tersebut emas Comex tergerak mixed.

Walaupun bergerakn mixed, harga emas lebih didominasi oleh sentimen positif pada perdagangan Rabu lalu. Hal tersebut dilandasi oleh adanya dorongan dari sentimen geopolitik global yang cukup menjadi perhatian akibat adanya tuduhan Ukraina terhadap aksi serangan Rusia pada Rabu lalu. Selain itu data keyakinan konsumen Jerman juga turut memberi support akibat penurunan data dari 8,9 ke 8,6.

Pada penutupan perdagangan Rabu 27 Agustus 2014 di Bursa Comex, harga emas spot terpantau ditutup menguat. Harga emas spot Comex ditutup naik 0,15% ke tingkat harga $1.282,5/t oz atau menguat $1,9/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Bursa Comex, harga emas berjangka justur ditutup melemah dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup turun 0,14% ke tingkat harga $1.283,4/t oz atau melemah $1,8/t oz.

Analis  memprediksi harga emas akan cenderung bergerak melemah pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh akan rilisnya data estimasi GDP kuartal 2 Amerika Serikat yang diperkirakan akan menunjukan peningkatan dari level -2,1% ke level 3,9%. Terkait pergerakan harga emas, pada perdagangan hari ini, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.269-$1.291 pada emas spot Comex dan $1.275-$1.292 pada emas berjangka Comex kontrak Desember 2014.

Comments are closed.