Hari ini Emas kembali Naik, Penurunan Dollar beri Dukungan

Bestprofit Pekanbaru – Harga emas di bursa Comex pada penutupan perdagangan Senin 13 Oktober 2014 terpantau ditutup menguat signifikan. Penguatan harga emas di bursa Comex dipicu oleh turunnya nilai Dollar Amerika Serikat.harga-emas-naik-andri-01062014

Pelemahan nilai Dollar Amerika Serikat di pasar valuta asing kembali menjadi determinan yang memicu harga emas untuk kembali menguat di Comex. Penguatan daya beli investor seiring relatif menjadi semakin murahnya harga emas di Comex yang diperdagangkan dalam Dollar AS cukup menguatkan daya beli. Dampak dari hal tersebut, aksi beli pun mendorong penguatan harga emas Comex.

Secara fundamental, pergerakan nilai Dollar AS dan juga emas masih mendapatkan sentimen berlainan arah dari ekspektasi masih akan ditahannya tingkat suku bunga rendah oleh The FED. Dampak dari sentimen tersebut harga emas cenderung terdorong menguat sementara Dollar Amerika Serikat menjadi lesu. Selain sentimen tersebut, nilai Dollar AS dan emas juga terpengaruh dengan pergerakan serupa dari kondisi ekonomi global yang cenderung buruk.

Pada penutupan perdagangan Senin 13 Oktober 2014 di bursa Comex, harga emas spot ditutup menguat signifikan. Harga emas spot Comex ditutup naik hingga 1,02% ke tingkat harga $1.235,6/t oz atau menguat $12,5/t oz.

Sementara pada perdagangan emas berjangka di Comex, harga emas berjangka juga ditutup menguat dini hari tadi. Harga emas berjangka Comex untuk kontrak Desember 2014 ditutup naik 0,68% ke tingkat harga $1.230/t oz atau menguat $8,3/t oz.

Analyst memprediksi harga emas akan cenderung bergerak kembali menguat pada perdagangan hari ini. Hal tersebut dilandasi oleh ekspektasi akan jatuhnya indeks sentimen ekonomi Jermna pada rilis data hari ini yang dapat memicu penguatan aksi beli safe haven dari investor Eropa. Terkait pergerakan harga, range normal diprediksi akan berada di kisaran $1.215-$1.247 pada emas spot dan $1.215-$1.245 pada emas berjangka Comex.

Comments are closed.