Ini 5 Fokus Erick Thohir dalam Transformasi BUMN

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pihaknya terus mendorong transformasi perusahaan BUMN, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurutnya, 2 tahun ke depan merupakan masa yang penting untuk terus menggenjot transformasi.

“Tentu 2 tahun ke depan adalah masa yang penting untuk transformasi,” kata Erick di Jakarta, Jumat (22/10).

Dia menjelaskan, ada 5 transformasi utama yang sedang didorong, pertama, transformasi daripada digitalisasi oleh Telkom Telkomsel. Kedua, transformasi energi terbarukan oleh PLN.

Ketiga, transformasi di industri pertambangan yang ramah terhadap lingkungan hidup. Keempat, transformasi industri pariwisata. Kelima, transformasi di industri pangan.

“Nah hal-hal ini yang memang saya rasa, kami dari Kementerian BUMN sangat serius melakukan transformasi ini tentu ada hari ini saya menyambut baik karena dibawah transformasi itu kan ada yang namanya restructuring, perbaikan bisnis model, penggabungan dan lain-lain,” ujarnya.

Menurutnya, Kementerian BUMN terus melakukan efisiensi dengan bergabungnya EMI ke dalam ekosistem PLN. Tetapi jelas sekali EMI merubah bisnis modelnya Bagaimana EMI menjadi bagian auditing sistem untuk energi hijau.

“Ini yang sangat menarik saya rasa, karena PLN ini juga bertransformasi saya rasa ekosistem ini menjadi penting. Dan tentu Saya mengucapkan terima kasih kerja keras daripada direksi komisaris yang terus mendorong perbaikan keuangan daripada PLN itu sendiri,” imbuhnya.

Selain itu, sejak digabungkannya Pelindo I-IV, menjadikan Indonesia sebagai pemain nomor 8 terbesar di Industri Pelabuhan peti kemas.

“Alhamdulillah kita sudah melakukan transformasi di Kementerian BUMN. Kita dorong juga kemarin Pelindo kita gabungkan di mana kita tahu cost daripada distribusi kita masih di mahal dari negara lain padahal potensi kita luar biasa, setelah digabungkan tentu salah satunya kita menjadi pemain nomor 8 terbesar di industri pelabuhan peti kemas,” tandasnya.

Author: bpf pekanbaru

Leave a Reply