Investor Pemula Ingin Beli Saham dengan Modal Rp 100 Juta, Apa yang Cocok?

Saya punya dana Rp 100 juta. Saham apa yang pas untuk pemula?

BESTPROFIT PEKANBARU

BESTPROFIT PEKANBARU

BESTPROFIT PEKANBARU – Wah, ini salah satu pertanyaan yang sangat sulit dijawab karena kondisi perusahaan dapat berbeda tiap saat. Selain itu saya juga perlu mengetahui risk profile Anda serta data data lainnya seperti time horizon, apakah anda tipe trader atau investor dan lain-lain.

Mungkin yang dapat saya bantu adalah memberi gambaran umum memilih sebuah saham yang bagus. Pada intinya pergerakan harga saham berkorelasi dengan kinerja perusahaan tersebut baik secara operasional maupun finansial.

Untuk mengetahui perusahaan apa yang bagus teknik yang paling gampang adalah melihat apakah produk yang dijual laku.

Sebagai contoh: coba sekali-kali perhatikan saat di counter supermarket produk dari perusahaan apa yang paling banyak dibeli orang. Lihat juga di jalan raya merek mobil apa yang paling banyak?

Perhatikan operator selular apa yang paling banyak dipakai? Saat jalan macet pilihan satu satunya adalah jalan tol (bahkan meski macet pun orang masuk jalan tol), nah siapa pengelola jalan tol terbesar? Dan seterusnya.

Secara kuantitatif adalah beberapa kriteria yang dapat dilihat:

  • Pastikan tingkat Penjualan perusahaan tersebut tumbuh dalam waktu 5 tahun terakhir.
  • Pastikan Laba Bersih perusahaan juga tumbuh dalam 5 tahun terakhir.
  • Beberapa ratio seperti Operating Margin dan Net Margin serta Return On Equity (ROE) harus lebih tinggi dibanding competitor.
  • Dan terakhir beli saat masih murah.

Sumber : DetikFinance

Comments are closed.