iPhone X mengangkat saham dan kinerja Apple

FILE PHOTO: The Apple logo is pictured inside the newly opened Omotesando Apple store at a shopping district in Tokyo June 26, 2014. REUTERS/Yuya Shino/File Photo

PT BESTPROFIT Saham Apple Inc untuk pertama kalinya menyentuh level US$ 200 per saham dan semakin mendekati valuasi US$ 1 triliun setelah perusahaan ini mengumumkan perkiraan angka penjualan kuartalan. Hal ini turut disokong oleh pendapat para analis yang menyatakan bahwa peluncuran iPhone baru bulan September nanti akan menjadi pondasi bagi pertumbuhan perusahaan.

Mengutip Reuters Rabu, pada awal perdagangan saham Apple meroket 5,7% mencapai US$ 201,32 per saham serta mencatatkan ambang batas atas baru di level US$ 206,49 per saham yang jika ditembus akan membuat perusahaan mencapai valuasi US$ 1 triliun. BEST PROFIT

Apple mengumumkan bahwa perusahaan memperkirakan angka penjualan hingga akhir tahun akan mencapai US$ 60 miliar hingga US$ 62 miliar, lebih tinggi ketimbang perkiraan para analis yang sebesar US$ 59,6 miliar.

Produk andalan Apple, iPhone X terbukti mampu meningkatkan margin pada kuartal terakhir dan menghidupkan optimisme bahwa produk baru yang akan diluncurkan oleh Apple berikutkan memiliki fitur premium dan harga yang lebih tinggi dibandingkan model-model sebelumnya yang akan meningkatkan margin. BESTPROFIT

“Kami pikir pelajaran yang dipetik oleh manajemen Apple dari iPhone X adalah ketika Anda menjual smartphone dengan harga lebih dari US$ 1.000, Anda dapat menjual lebih sedikit unit dan masih mendapatkan keuntungan finansial,” kata analis DA Davidson Tom Forte, dilansir dari Reuters.

Apple menjual 41,3 juta iPhone dalam kuartal terakhir, setengah juta lebih sedikit dari yang diperkirakan. Tetapi harga jual rata-rata iPhone melampaui ekspektasi US$ 30, mencapai US$ 724. Kesuksesan ini membuat analis Morgan Stanley menaikkan estimasi pengiriman iPhone kuartal keempat mereka sebesar 3% menjadi 48,3 juta dan meningkatkan harga jual rata-rata ponsel menjadi US$ 720.

Perkiraan penjualan yang bisa mencapai US$ 62 miliar akan tepat sasaran, mengingat September nanti perusahaan digadang-gadang akan merilis tiga ponsel baru yang akan menaikkan angka penjualan secara signifikan. September ini, perusahaan secara luas diharapkan untuk meluncurkan model iPhone-X layar penuh plus beberapa peningkatan lainnya.

Leave a Reply