Jack Ma tunjuk CEO Daniel Zhang sebagai penerus jabatannya di Alibaba

CEO Alibaba Group Jack Ma (tengah) menyemarakkan Upacara Penutupan Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/9). ANTARA FOTO/INASGOC/Wahyudin/wsj/18.

PT BESTPROFIT Jack Ma, Co-Founder perusahaan e-commerce terbesar China, Alibaba Group Holding Ltd, akan resmi mundur dari jabatannya tepat satu tahun dari hari ini, yaitu 10 September 2019. Hal ini secara resmi diumumkan oleh perusahaan.

Selain itu, nama Daniel Zhang, Direktur Utama (CEO) Alibaba saat ini, disebut bakal mengisi posisi Jack Ma selaku Dewan Direksi. Jack Ma akan resmi menyelesaikan masa jabatannya pada rapat umum tahunan perusahaan tahun 2020 nanti.

Tahun 2013 lalu, Jack Ma melepaskan jabatannya sebagai Chief Executive Alibaba. Zhang yang berusia 46 tahun, mengambil alih jabatan tersebut pada tahun 2015 setelah menjalani peran sebagai CEO Alibaba. BEST PROFIT

Sebelum menjadi CEO, Zhang dikenal sebagai perancang kunci dari “Single Day” Alibaba, event tahunan 11 November yang menjadi acara belanja online terbesar di dunia. Adapun Ma, yang tepat hari ini berulang tahun ke-54, akan terus berperan sebagai mentor senior bagi manajemen perusahaan sebagai bagian dari dewan penasihat yang disebut “Alibaba Partnership”.

Saya akan bekerja sama dengan Daniel untuk memastikan transisi yang lancar dan sukses,” kata Ma dalam surat yang dirilis oleh perusahaan, seperti dilansir Reuters, Senin. BESTPROFIT

Ma, yang mendirikan Alibaba pada tahun 1999, adalah salah satu orang terkaya di China dengan kekayaan bersih sebesar US$ 36,6 miliar, menurut Forbes. Sementara, Alibaba menjadi perusahaan berkembang yang memiliki lebih dari 66.000 karyawan tetap dan nilai pasar sekitar US$ 420 miliar.

Leave a Reply