Janet Yellen Yakinkan Pasar Akan Mempercepat Kenaikan Suku Bunga

Inside The International Monetary Fund's Rethinking Macro Policy ConferenceBestprofit Pekanbaru – The Federal Reserve  akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari yang diharapkan jika pemulihan di pasar tenaga kerja AS  terus ditopang oleh senat. Hal ini disampaikan gubernur the Fed Janet Yellen dalam pertemuannya dengan konggres AS hari Selasa (15/7) pagi waktu setempat di Amerika Serikat.

Bagi Janet Yellen jika pasar tenaga kerja terus membaik lebih cepat daripada yang diantisipasi oleh komite senat perbankan, perumahan dan urusan perkotaan, maka mengakibatkan konvergensi yang lebih cepat menuju tujuan ganda the Fed. Tujuan tersebut selain menaikkan suku bunga juga meningkatnya  tingkat dana pemerintah federal.

Proyeksi Fed saat ini bahwa tingkat suku bunga  tidak akan mulai naik dari nol sampai pertengahan 2015, tetapi data ekonomi terbaru optimis menunjukkan perekonomian kembali normal setelah musim dingin yang hebat dan menghancurkan ekonomi.

bank sentral negara adidaya ini juga melihat tingkat pengangguran telah jatuh hampir 1,5 persen selama tahun lalu dan ada di level 6,1 persen pada bulan Juni lalu yang telah turun sekitar 4 persen dari puncaknya. Selain itu inflasi dalam beberapa bulan terakhir merangkak naik dari tingkat rendah menjadi 1,8 persen inflasi tahunan, mendekati benchmark 2 persen yang ditargetkan the Fed.

Dihadapan senat juga Yellen memperingatkan bahwa pasar perumahan telah mengecewakan, dengan sektor menunjukkan kemajuan yang sedikit  akhir-akhir ini akibat  suku bunga KPR telah sedikit lebih tinggi dari tingkat yang sangat rendah.

Dalam kegiatannya melaporkan kondisi semeste I di hadapan senat tersebut, Janet Yellen juga menyampaikan dalam menaikkan suku bunga tidak ada rumus mekaniknya sehingga proyeksi suku bunga kedepannya akan lebih akomodatif.

Comments are closed.