John Kerry Datangi Irak, Harga Emas Spot COMEX Kembali Menguat

indexBestprofit Pekanbaru – Harga emas pada perdagangan Senin 23 Juni 2014 terpantau kembali ditutup menguat pada dini hari tadi di Bursa COMEX. Penguatan harga emas dipicu oleh konflik Irak yang berpotensi semakin memanas pasca kedatangan Menteri Luar Negeri AS.

Potensi kehadiran AS dalam penyelesaian konflik Irak kembali membangkitkan harga emas yang diperdagangkan di Bursa COMEX. Penguatan harga emas yang sebelumnya terpantau sempat lesu pada perdagangan akhir pekan lalu, akhirnya kembali dapat bergerak menguat pada perdagangan Senin akibat menguatnya faktor fundamental dari perkembangan konflik Irak.

Perkembangan dari konflik Irak yang menjadi determinan terkuat terhadap pergerakan harga emas dipicu oleh kehadiran Menlu AS John Kerry ke Irak. Kedatangan Menlu AS ke Irak tersebut, memunculkan ekspektasi akan intervensi AS yang menguat terhadap konflik Irak dan dapat meningkatkan agresi kelompok militan ISIS. Terpantau dari kelanjutan agresi ISIS di Irak, bertambah luasnya daerah yang telah dikuasai ISIS ke 3 wilayah baru di Provinsi Anbar juga turut menjadi pendorong penguat harga emas.

Walaupun menguat, emas juga mendapat beberapa tekanan fundamental negatif dari berbagai aspek yang berpotensi melesukan harga emas apabila konflik Irak melemah. Turunnya permintaan emas Tiongkok dan India serta kecenderungan menguatnya bursa saham di Asia serta Amerika Serikat, berpotensi untuk memicu penguatan harga emas untuk tertahan bahkan melemah.

Pada perdagangan Senin 23 Juni 2014, harga emas spot COMEX berhasil untuk kembali ditutup menguat. Harga emas spot COMEX naik 0,24% ke tingkat harga $1.317,2/t oz atau menguat $3,2/t oz.

Sedangkan pada perdagangan emas berjangka COMEX, harga emas berjangka masih terdorong untuk menguat dalam 4 hari berturut-turut. Harga emas berjangka COMEX untuk kontrak Agustus 2014 naik 0,17% ke tingkat harga $1.318,4/t oz atau menguat $2,2/t oz.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting memprediksi harga emas masih berpotensi untuk bergerak menguat pada perdagangan hari ini di Bursa COMEX. Hal tersebut dilandasi oleh penguatan sentimen positif dari konflik Irak serta pelemahan bursa Wall Street pada penutupan dini hari tadi. Terkait pergerakan harga emas, emas diprediksi akan bergerak di kisaran $1.312-$1.324 pada emas spot dan $1.307-$1.325 pada emas berjangka kontrak Agustus 2014.

Comments are closed.