Kecemasan Yunani mereda, bursa Asia sumringah

0,,15933536_303,00BESTPROFIT PEKANBARU – Bursa Asia dibuka menguat pada transaksi pagi ini (27/1). Mengutip data Bloomberg, pada pukul 09.25 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,4%. Sementara itu, indeks Topix melompat 1,1% setelah euro perkasa terhadap yen.Sejumlah indeks acuan Asia lainnya juga tampak menguat. Ambil contoh, indeks S&P/ASX 200 Australia yang naik 0,4% dan indeks Kospi Korea Selatan yang naik 0,5%.

Bursa Asia bergerak positif setelah yen melemah terhadap euro. Penguatan euro sendiri terjadi di tengah optimisme bahwa program pengetatan anggaran pemerintahan baru Yunani tidak akan membuat negeri para dewa itu hengkang dari keanggotaan Uni Eropa.

Para menteri keuangan Eropa memberikan sinyal kerelaan mereka untuk bekerja sama dengan pemerintahan Perdana Menteri terpilih Yunani Alexis Tsipras selama pemimpin Partai Syriza itu tidak mengusulkan penyusutan utang.

“Pelaku pasar mengamati dengan cermat hasil pemilu Yunani dan dampaknya, meskipun Partai Syriza memenangkan pemilu. Meski demikian, tingkat ketidakpastian masih tinggi hingga ada konfirmasi dari Syriza bahwa mereka akan bernegosiasi dengan kreditur,” jelas sharon Zollner, Senior Economist ANZ Bank New Zealand Ltd di Auckland.

Sumber : BLOOMBERG

Comments are closed.