Kesulitan di RI Buat Sistem Pantau Stok Masker Kala Corona

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yakin teknologi Big Data di Indonesia bisa menerapkan platform sistem suplai masker bagi kebutuhan publik untuk dapat mengetahui jumlah stok masker yang dibutuhkan apotek di tengah wabah virus corona Covid-19.

Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT, Michael Andreas Purwoadi mengatakan saat ini berbagai instansi pemerintah telah siap untuk menerima dan mengolah data.

“Tentu saja bisa dilakukan di Indonesia. Platform untuk Big Data sudah ada di berbagai instansi pemerintah, untuk menerima data-data apa pun,” kata Michael saat dihubungi

Jumat (17/4).

Akan tetapi, Michael mengatakan yang membuat Indonesia tidak bisa menerapkan hal tersebut adalah dari sisi peraturan. Ia mengatakan Indonesia belum memiliki peraturan yang mengharuskan industri melaporkan jumlah produksi kepada pemerintah.

“Peraturannya belum mengharuskan industri-industri yang menghasilkan produk-produk yang digunakan untuk penanggulangan Covid-19 ini untuk melaporkan jumlah produksinya,” kata Michael.

Hal ini membuat Indonesia mengalami kekurangan stok masker, padahal masker atau Alat Pelindung Diri (APD) yang diekspor dari China ternyata malah dibuat di Indonesia.

“Kita bisa lihat, misalnya bantuan APD atau masker dari China, ternyata buatan Indonesia. Produk obat kina (chloroquine) juga terbesar dari Indonesia,” kata Michael.

Michael mengatakan di Taiwan, pemerintah mengambil alih industri yang berkaitan dengan pandemi Covid-19. Hal ini membuat pemerintah bisa mendapatkan pelaporan konkret agar dapat mengeluarkan kebijakan tepat sasaran.

Michael mengatakan saat ini Indonesia sedang fokus mengembangkan platform pemantauan dan penelusuran orang dalam pengawasan (OPD). Platform tersebut terdiri dari PeduliLindungi dan 10 Rumah Aman.

Teknologi serupa telah diterapkan di Korea Selatan, negara Ginseng ini memiliki aplikasi dan platform berbasis Big Data yang mampu mengetahui jumlah stok masker untuk apotek dengan platform  sistem suplai masker bagi kebutuhan publik.

1Pingbacks & Trackbacks on Kesulitan di RI Buat Sistem Pantau Stok Masker Kala Corona