Kilau Emas Terhambat Ekuitas Global

imagesPT.BESTPROFIT PEKANBARU – Emas merosot untuk hari ketiga di Senin (20/10) ini, memperpanjang kemunduran harga dari level tinggi lima minggu. Ekuitas global yang memantul naik mengurangi permintaan akan aset-aset safe haven.

Menurut data Bloomberg, emas bulion untuk pengiriman segera anjlok sejauh 0.3 persen ke $1,234.74 per ons dan diperdagangkan pada $1,237.14 pada pukul 11:22 siang di Singapura. Logam mulia tersebut memangkas perolehannya untuk pertama kalinya sejak mencapai posisi $1,249.75 pada tanggal 15 Oktober, level tertinggi sejak tanggal 11 September.

Sementara di Comex New York, emas untuk pengiriman Desember diperdagangkan pada $1,236.30 per troy ons, atau menurun 0.22 persen dan kemudian menghuni level tersebut sejak pasar ditutup pada akhir pekan.

“Pasar ekuitas yang berangsur-angsur pulih, membuat permintaan terhadap emas memudar,” ungkap Lv Jie analis dari Cinda Futures Co. yang diwawancarai oleh Bloomberg. Ia menambahkan bahwa perekonomian Eropa yang terus menunjukkan pelemahan disertai dengan menguatnya Dolar AS terhadap Euro akan nampak dalam kurun waktu jangka menengah ini, ditambah dengan divergensi kebijakan moneter bank sentral dua wilayah tersebut. Hal inilah yang menurut Jie, akan sulit untuk menghapus outlook bearish dari memas.

Sumber : Bloomberg

Comments are closed.