Komisi Sekuritas AS beri hadiah US$ 83 juta untuk tiga whistleblower

Warga menunjukkan pecahan uang dolar Amerika yang ditukarkan di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Rabu (14/3). Bank Indonesia menyatakan belum ada potensi level depresiasi nilai tukar rupiah mencapai Rp15.000 per dolar Amerika karena fundamental ekonomi Indonesia sekarang ini cukup terjaga baik terlihat dari laju inflasi di 2,5-4,5 persen dari tahun ke tahun, defisit neraca transaksi pembayaran 2,-2,5 persen PDB dan prospek pemulihan pertumbuhan ekonomi. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc/18.

PT BESTPROFIT Komisi Sekuritas dan Bursa Efek Amerika Serikat (AS) atau Securities and Exchange Commission (SEC) memberikan hadiah sebesar US$ 83 juta kepada tiga whistleblower terkait dengan penyelidikan Merrill Lynch tahun 2016.

Mengutip Bloomberg, Selasa, SEC mengumumkan hadiah tersebut pada hari Senin. Akan tetapi, tidak diutarakan kasus mana yang menyebabkan SEC membayar dua whistleblower sebesar US$ 50 juta dan satu orang sebesar US$ 33 juta tersebut.

Namun, sebuah firma hukum yang mewakili whistleblower mengatakan klien mereka memberi tahu agen tersebut atas penyalahgunaan dana nasabah oleh Merrill Lynch. Klien kami mewakili sisi terbaik dari Wall Street dan merasa dibenarkan oleh tekad SEC. Dengan menjadi whistleblower, para eksekutif berani ini melindungi jutaan pelanggan Merrill Lynch. ujar Jordan Thomas, partner firma hukum Labaton Sucharow, dilansir dari Reuters. BEST PROFIT

Merrill Lynch mengakui adanya penyalahgunaan dana kliennya dalam sebuah penyelesaian transaksi sebesar US$ 415 juta. Penyalahgunaan yang dilakukan Merrill Lynch menahan dana hingga US$ 58 miliar per hari di akun kliring saat seharusnya dimasukkan dalam cadangan. SEC juga mengatakan bahwa perusahaan yang melakukan perdagangan opsi kompleks mengurangi secara artifisial jumlah cadangan uang yang harus dimiliki nasabah.

SEC telah menggelontorkan dana lebih dari US$ 262 juta untuk 53 whistleblower sejak dimulainya inisiatif memberikan hadiah pertama kali pada 2012. Siapapun yang memberikan informasi SEC yang mengarah pada sanksi lebih dari US$ 1 juta, dapat menerima 10% hingga 30% dari uang yang terkumpul. BESTPROFIT

Comments are closed.