Masih Lanjutkan Penguatan, IHSG Jeda Siang Akhir Pekan Ditutup Positif

BestBestprofit Pekanbaru – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi 1 siang ini masih melanjutkan penguatannya dan ditutup menguat jika dibandingkan dengan penutupan kemarin. Siang ini (19/9) IHSG naik sebesar 0.7% ke level 5,244. Sementara saham unggulan yang tergabung dalam indeks LQ 45 mengalami penguatan sebesar 0.8% ke level 894.

Pada perdagangan siang ini tercatat 130 saham menguat, sementara 76 saham melemah dan sisanya stagnan. Volume transaksi siang ini mencapai 2.9 miliar lot saham dengan nilai transaksi Rp 3.063 triliun dan transaksi sebanyak 103.902 kali. Sampai siang ini dana asing berada pada posisi net buy mencapai 41 miliar.

Secara sektoral, tercatat 3 sektor ditutup melemah dengan pelemahan tertingi didukung oleh sektor aneka industri yang ditutup turun 0,5% siang ini. Sedangkan sektor lain yang mengalami penguatan dipimpin oleh sektor infrastruktur dan keuangan yang masing-masing menguat sebesar 1,8% dan 1,2%. Terpantau saham-saham yang menjadi pendorong menguat IHSG adalah PWON, TLKM, CPIN, BMTR, dan BBRI. Sementara untuk saham-saham yang menjadi pemberat IHSG yakni LPPF, INCO, TAXI, dan GGRM.

Analis memprediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi selanjutnya masih akan melanjutkan penguatannya dan diproyeksikan bergerak dalam posisi menguat terbatas. Namun demikian, saat ini IHSG terpantau rawan terkoreksi lanjutan, terlihat dari posisi jenuh beli. IHSG pada pergerakan hari ini diperkirakan akan bergerak di antara support 5120 hingga resistance 5250.

Comments are closed.