Menanti Pertemuan The Fed, Harga Emas Masih Betah di US$ 1.152

kilau emasBESTPROFIT PEKANBARU – Harga emas melemah pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi WIB) didorong bursa saham Eropa menguat ditambah fokus pelaku pasar terhadap pertemuan The Federal Reserve pada pekan ini. Pelaku pasar menanti sinyal waktu setiap kenaikan suku bunga Amerika Serikat (AS).

Harga emas berjangka AS untuk pengiriman April tidak berubah di level US$ 1.152,40 per ounce. Sementara itu, harga emas di pasar spot melemah tipis 0,5 persen ke level US$ 1.152,66 per ounce. Harga komoditas logam telah jatuh selama sembilan sesi berturut-turut.

Harga emas berada di level terendah sejak 1 Desember di kisaran US$ 1.147,10 setelah data tenaga kerja AS menguat memicu spekulasi The Fed akan menaikkan suku bunga pada Juni 2015.

Sementara itu, harga perak turun 0,5 persen ke level US$ 15,56 per ounce. Sedangkan paladium tergelincir 0,5 persen menjadi US$ 785,90 per ounce.

Harga komoditas logam juga mengabaikan dolar AS melemah 0,8 persen terhadap mata uang utang. Meski demikian, dolar telah naik 10 persen sepanjang 2-15, dan masih diperdagangkan mendekati level tertinggi sejak 2003.

“Investor berspekulasi terhadap emas, dan selama dolar AS menguat sulit untuk melihat perubahan harga emas,” ujar CEO Sharps Pixley, Ross Norman, seperti dikutip dari laman Reuters, Selasa (17/3/2015).

Investor fokus terhadap pertemuan kebijakan The Fed yang dimulai pada Selasa waktu setempat untuk mendapatkan sinyal seberapa cepat bank sentral AS menaikkan suku bunga. Suku bunga tinggi dapat menurunkan permintaan emas.

Sentimen investor terhadap emas cenderung menurun. Hal itu ditunjukkan dari perdagangan berjangka emas di SPDR Gold Trust yang turun 0,28 ton menjadi 750,67 ton pada akhir pekan lalu.

Data commodity futures trading AS pun menunjukkan hedge fund dan manajer keuangan mengurangi optimisme mereka terhadap pergerakan harga emas.

Sumber : http://bisnis.liputan6.com/read/2192066/menanti-pertemuan-the-fed-harga-emas-masih-betah-di-us-1152

Comments are closed.