“Mencari Tahu Apa yang Customer Inginkan”?

“It’s not the customer’s job to know what they want” – Steve Jobs

BESTPROFIT PEKANBARU – Mungkin kalimat itulah yang bisa menggambarkan apa tugas besar dari seorang entrepreneur. Seperti yang sering kita dengar, bahwa pelanggan atau customer adalah raja di bisnis kita. Itu sebabnya apapun yang kita lakukan, apapun yang kita rencanakan, dan apapun yang seorang entrepreneur ciptakan haruslah berorientasi kepada customer atau pelanggan. Mereka harus mengutamakan kepentingan dari pelanggan, bukan hanya menciptakan sesuatu yang muncul dari hasrat atau keinginan pribadi semata. Seorang entrepreneur haruslah tahu apa yang sebenarnya diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggannya. Mereka harus selalu mencari tahu apa yang menjadi harapan dari pelanggan dari bisnisnya. Karena memang sebenarnya bukanlah tugas seorang customer untuk tahu apa yang mereka inginkan. Bahkan sebelum mereka mencari tahu, seorang entrepreneur harus muncul dengan ide dan produk yang ternyata memang menjadi keinginan dari customer.

bestprofit pekanbaru

bestprofit pekanbaru

Sebenarnya ini sudah harus tertanam saat baru ingin memulai sebuah bisnis. Kita harus tahu apa tujuan kita mendirikan sebuah bisnis, hanya untuk keuntungan finansial semata ataukah untuk memberikan manfaat kepada orang lain. Nah, saat kita tahu apa tujuan kita, dengan mudah kita menemukan cara untuk mencapainya. Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencari tahu apa sih yang sebenarnya customer inginkan. Mulai dari bertanya langsung hingga memberikan sebuah survey kepada mereka.

Jika kita tidak bisa mendapatkan informasi dari mereka, maka usaha kita harus lebih keras daripada itu. Kita bisa masuk atau membuat sebuah komunitas yang menaungi customer – customer kita. Ajak mereka untuk berinteraksi dengan sesama cutsomer, menyampaikan apa saja yang ingin mereka keluhkan atau ingin mereka sampaikan. Selain kita yang bisa mendapatkan keuntungan dari komunitas tersebut, customer juga akan mendapatkan manfaat lebihnya yaitu menambah relasi.

Selain itu kita juga harus mau untuk selalu “Kepo”. Artinya mencari tahu segala sesuatu yang sedang menjadi trend di masyarakat, mencari tahu apa saja yang kira – kira pelanggan harapkan ada dari bisnis Anda, dan mulai untuk menciptakannya. Mewujudkan keinginan customer juga bukan hanya dari produk yang kita tawarkan dan jual kepada mereka, tapi juga dari pelayanan sebelum bahkan sesudah kita bertransaksi dengan mereka. Yang mereka butuhkan mungkin salah satunya adalah keramahan kita saat melayani dan membantu mereka mencari solusi.

Anda juga harus pintar – pintar mencari partner bisnis yang dapat membantu bisnis Anda memenuhi keinginan dan harapan dari customer. Partner yang juga berorientasi pada kepuasan dan kebahagiaan customernya adalah yang patut Anda jadikan rekan dalam menjalankan bisnis.

Sumber : Studentpreneur

Comments are closed.