Menyambangi Ruko Maxim Ojol Rusia di Jakarta

Layanan transportasi online asal Rusia Maxim mendadak jadi sorotan di Indonesia lantaran diduga menerapkan tarif perjalanan tidak sesuai dengan regulasi yang ditetapkan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dalam situs Maxim disebutkan tarif layanan menggunakan motor akan dikenakan sebesar Rp6.000 dan dan mobil mulai dari Rp12.000. Namun di lapangan, Maxim disebut menetapkan Rp3.000 per empat kilometer.

Pengendara ojek online yang lebih dahulu melayani masyarakat yang tidak terima strategi bisnis Maxim langsung menggeruduk kantor perusahaan yang berlokasi di Solo, Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Maxim juga menempati ruko (rumah toko) berlantai empat di jalan Saharjo, Jakarta Selatan.

Saat dikunjungi, teralis ruko ditutup setengah, sehingga tulisan Maxim yang tertempel pada pintu kaca hampir tertutup. Cat kuning pada dinding ruko juga mulai terkelupas dan tampak kusam.

CNNIndonesia.com, mencoba masuk ke lantai dasar dan menemukan empat karyawan wanita. Salah seorang dari mereka mengaku sebagai customer service.

Tidak banyak informasi bisa digali melalui empat karyawati Maxim itu. Menurut mereka segala pertanyaan tentang perusahaan bisa ditanyakan ke petinggi perusahaan melalui email.

“Mungkin bisa via email saja. Soalnya sekarang mereka sedang tidak ada di sini. Semua pertanyaan bisa langsung lewat sana (email),” kata seorang karyawati Maxim yang namanya tidak ingin disebutkan

Ia mengatakan biasanya petinggi perusahaan pada jam kerja beraktivitas di ruko tersebut, namun kebetulan hari ini mereka semua tidak ada di tempat.

“Jadi silakan lewat email, karena biasanya pertanyaan bakal dijawab langsung ke email,” ucap karyawati itu sembari menyerahkan alamat email yang disebut sebagai juru bicara Maxim.

Sementara salah satu karyawati mencoba menjelaskan alasan pintu ruko tidak dibuka seluruhnya untuk menyamarkan penampilan Maxim dari masyarakat yang tertarik menjadi mitra pengemudi.

Pada pintu kaca ruko Maxim memang tertempel satu lembar pemberitahuan. Pada kertas itu tertulis “Tidak menerima pendaftaran driver secara offline. Jika ingin mendaftar silakan secara online melalui situs resmi ojol Maxim.

“Supaya tidak ada yang daftar langsung ke sini,” ucap seorang karyawati.

sudah mencoba menghubungi pihak Maxim, namun belum ada respons.

Comments are closed.