Naik Tipis Saja, Euro Redam Tekanan Dollar AS

Bestprofit Pekanbaru – Euro pada perdagangan minggu ini ( 26 – 31 Mei ) secara umum terpantau menunjukkan tren menguat sangat tipis cenderung flat terhadap Dollar AS. Perdagangan pasangan mata uang EUR/USD ini setelah dibuka pada kisaran 1.3626 di awal minggu perdagangan telah naik sekitar 6 pips atau sekitar 0.04 % dan ditutup pada kisaran 1.3632.

Analis Vibiz Research dari Vibiz Consulting mengemukakan bahwa menguatnya mata uang Euro pada minggu ini terkait dengan laporan dari Gfk kepada publik bahwa iklim konsumen di Jerman menunjukkan angka yang positif kendati masih belum berubah jika dibandingkan dengan kinerja pada periode lalu.

Hal ini ditunjukkan oleh indikator fundamental ekonomi GfK German Consumer Climate yang menunjukkan angka 8.5 dari nilai pada periode sebelumnya yang juga 8.5. Kenaikan tersebut menunjukkan performa yang sesuai dengan estimasi sejumlah ekonom, yang memperkirakan akan menunjukkan angka 8.5.

Pada perdagangan pada minggu mendatang ( 02 – 07 Juni ), range normal perdagangan EUR/USD mingguan diperkirakan akan memiliki level support pada kisaran 1.35889 lalu kemudian di 1.35455. Sedangkan level resistance pada kisaran 1.3671 kemudian pada 1.3710.

Pergerakan pasangan mata uang ini diperkirakan akan dipengaruhi oleh beberapa rilis data ekonomi yang diantaranya adalah : French Industrial Production m/m, ECB Monthly Bulletin da Industrial Production m/m.

Comments are closed.