New Normal, Hotel dan Restoran di Babel Kembali Beroperasi

Sebanyak 65 hotel dan restoran di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kenormalan baru (new normal) di tengah pandemi virus corona.

“Kami meminta para pelaku perhotelan dan industri khususnya anggota PHRI (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia) untuk lebih mempersiapkan diri menghadapi new normal ini,” kata Ketua PHRI Provinsi Kepulauan Babel Bambang Patidjaya di Pangkalpinang seperti dilansir dari Antara, Rabu (10/6).

Dalam membuka usaha saat kenormalan baru, Bambang mengatakan pemilik hotel dan restoran harus menerapkan standar operasional untuk keamanan dan kesehatan, baik untuk tamu maupun karyawan.

Ia juga mengungkapkan pandemi covid-19 di Provinsi Kepulauan Babel memaksa 45 hotel dan 20 restoran di sana menutup usaha mereka. Hal ini seiring penerapan pengetatan kunjungan wisatawan dan penutupan objek wisata untuk mencegah penyebaran virus corona.

Dampak dari ditutupnya hotel dan restoran disebut Bambang membuat 2.850 karyawan dirumahkan. Langkah itu diambil agar pelaku usaha dapat mempertahankan usahanya di tengah pandemi Covid-19.

Di sisi lain, Gubernur Erzaldi Rosman Djohan mengatakan Babel merupakan salah satu dari empat provinsi yang diizinkan oleh pemerintah pusat untuk kembali menerima wisatawan.

Erzaldi menyatakan Babel masuk zona hijau sehingga pemerintah provinsi memberlakukan kelonggaran bagi restoran dan hotel untuk beroperasi secara bertahap. Kelonggaran itu tetap sesuai protokol kesehatan pariwisata yang memuat tiga prinsip operasional yakni memodifikasi cara kerja, mengimplementasikan sistem kerja dengan meminimalisasi kontak fisik, dan memiliki standar sanitasi yang sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19.

“Pariwisata Babel harus aman dari covid-19 karena ini akan berdampak pada citra pariwisata daerah ini di dunia,” ucapnya.

Comments are closed.