Paket Belajar Online: Indosat Rp1 30GB, Telkomsel Rp10 10GB

Indosat meluncurkan paket khusus belajar online dengan kuota 30GB seharga Rp1. Paket bernama IMClass ini bisa digunakan untuk mengakses platform belajar online terpopuler dan portal edukasi universitas-universitas di Indonesia.

Paket IMClass memiliki masa aktif 30 hari dan pelanggan bisa dengan mudah mendapatkannya melalui aplikasi myIM3. Indosat mengatakan peluncuran IMClass ini untuk membantu masyarakat di tengah situasi pandemi Covid-19.

“Indosat Ooredoo sejak awal telah berkomitmen untuk terus berkontribusi mendukung kegiatan pembelajaran jarak jauh… Menghadirkan layanan internet dan paket data terjangkau IMClass dengan Rp1 untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menjalani kegiatan pembelajaran online di situasi sulit ini,” kata Chief Marketing Officer Indosat Ooredoo, Ritesh Kumar Singh dalam keterangan resmi.

 

Kuota 30GB dari paket IMClass dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar online seperti Ruangguru, Quipper, Zenius, Rumah Belajar, Sekolahmu dan lebih dari 300 portal e-learning dan situs resmi dari universitas-universitas di Indonesia.

Paket ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan IM3 Ooredoo, baik prabayar maupun pascabayar.

Di sisi lain,  pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberikan bantuan kuota bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen hingga bulan Desember 2020 untuk mendukung kegiatan belajar sistem online atau pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Untuk mendapatkan keuntungan ini pelanggan tidak perlu mengganti kartu baru.

Pelanggan  cukup mendaftarkan nomor IM3 Ooredoo yang dimiliki ke sekolah atau kampus, dan selanjutnya diverifikasi untuk bisa langsung mendapatkan bantuan kuota pembelajaran jarak jauh dari pemerintah.

Sebelumnya, Telkomsel meluncurkan paket kuota belajar Rp10 dapat 10 GB yang berfungsi buat digunakan untuk memperlancar belajar online ke beberapa aplikasi e-learning dan panggilan video (video call).

Dengan Rp10, pengguna bisa mendapatkan kuota 10GB khusus untuk beberapa aplikasi belajar online dan panggilan video.

Paket Kuota Belajar ini bisa dinikmati pengguna layanan prabayar Telkomsel mulai tanggal 21 Agustus s/d 31 Desember 2020 dengan masa berlaku selama 30 hari sejak masa pengaktifan.

Akan tetapi, paket Kuota Belajar hanya bisa diaktifkan hanya 1 kali selama periode program yang berlangsung selama 4 bulan. Artinya, apabila paket telah diaktifkan sekali, paket tak akan dapat diaktifkan kembali meski periode program masih berlangsung.

Cara mengaktifkannya paket juga cukup mudah. Pengguna bisa langsung membeli paket itu lewat aplikasi MyTelkomsel. Atau pengguna bisa mengetik UMB *363*844#.

Selain itu, ada XL Axiata yang juga menyediakan paket Xtra Conference dan Xtra Edukasi. Kedua paket bisa didapatkan melalui aplikasi myXL yang sudah bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Xtra Conference dibanderol mulai dari Rp2 ribu untuk 2GB dengan masa berlaku 1 hari, Rp4 ribu (5GB masa berlaku 3 hari), Rp10 ribu (15GB masa berlaku  7 hari). Paket ini bisa digunakan untuk mengakses lima aplikasi video conference yakni Microsoft Teams, Zoom, Google Meet, Google Hangout, dan Google Classroom.

Untuk paket Xtra Edukasi tersedia tiga harga, yakni Rp1 ribu (2GB masa berlaku 1 hari), Rp2,5 ribu (5GB masa berlaku 3 hari), dan Rp7,5 ribu (15GB masa berlaku 7 hari).

Tak hanya itu, ada paket Unlimited AlwaysOn Tri yang gratiskan internet untuk semua aplikasi yang mendukung PSBB. Paket kuota unlimited ini berlaku pada pukul 01:00-17:00.

Pelanggan bebas mengakses aplikasi seperti Skype, Zoom, WebEx, Google Hangout, aplikasi e-learning Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, media sosial, hingga berbagai aplikasi hiburan.

Paket ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp60 ribu (kuota unlimited + kuota 6GB 24 jam), Rp85 ribu (kuota unlimited + kuota 10GB 24 jam), Rp110 ribu (kuota unlimited + kuota 16GB 24 jam).

1Pingbacks & Trackbacks on Paket Belajar Online: Indosat Rp1 30GB, Telkomsel Rp10 10GB