Pasangan EUR/GBP melanjutkan tren naik

Bestprofit-futures : JAKARTA. Pasangan mata uang EUR/GBP melanjutkan tren kenaikan di tengah rilis data ekonomi dari kedua negara. EUR/GBP naik 0,22% ke level 0,73523. Data ekonomi yang dirlis hari ni sebenarnya beragam. Dari sisi Euro, data German ZEW economic sentimen yang turun menjadi 12,1 dari sebelumnya 25,0. Data ZEW Economuic sentimen yang juga turun menjadi 33,3 dari sebelumnya 47,6.

pasangan

 

 

 

 

Sementara dari Inggris, data ekonomi sebenarnya beragam. Consumer price index (CPI) turun ke level 0% dari sebelumnya 0,1%. Lalu data producer price index (PPI) turun menjadi minus 2,4% dari sebelumnya minus 1,2%, demikian juga dengan data core CPI yang turun menjadi 1% dari sebelumnya 1,2%. Namun, data retail price index (RPI) naik menjadi 1,1% dari sebelumnya 1%.

Tonny Mariano, Analis PT Esandar Arthamas Berjangka mengatakan, pergerakan mata uang EUR/GBP memang dalam tren menguat sejak Juli 2015. Secara teknikal pasangan mata uang ini juga mengindikasikan kenaikan. Lantaran faktor teknikal, mata uang EUR mmapu menekan GBP meski data ekonomi di kawasan Eropa negatif.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/pasangan-eurgbp-melanjutkan-tren-naik

Comments are closed.