Pasar rupiah tutup, indeks dollar cenderung terkoreksi

Petugas menghitung uang rupiah di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta, Kamis (24/5). Meski rupiah sempat menyentuh hingga level Rp14.200 per dolar Amerika, nilai tukar rupiah pada perdagangan Kamis (24/5) ditutup menguat 0,53 persen atau 76 poin ke level Rp14.133 per dolar Amerika. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww/18.

PT BESTPROFIT Pasar spot rupiah hari ini tutup tanpa perdagangan di tengah pelemahan nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) terhadap mata uang utama dunia. Bank Indonesia (BI) menyebut, kurs Jakarta Interbank Spot Dollra Rate (Jisdor) hari ini pun tidak diterbitkan. Kurs BI hari ini menggunakan kurs hari kerja normal kemarin, yakni Rp 14.163 per dollar AS.

Nilai tukar rupiah di pasar spot kemarin berada di Rp 14.179 per dollar AS. Mata uang Asia hari ini bergerak mixed dengan kecenderungan menguat. Penguatan terhadap dollar tampak pada mata uang peso, yen, baht, dollar Hong Kong, dan dollar Singapura. Mata uang yang masih melemah terhadap dollar AS hari ini adalah ringgit, dollar Taiwan, dan yuan. BEST PROFIT

Sementara indeks dollar hari ini turun ke 94,61. Indeks yang mencerminkan nilai tukar dollar AS terhadap mata uang utama dunia ini melemah. Nilai tukar dollar Amerika Serikat (AS) hari ini melemah 0,07%. Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Ahmad Mikail mengatakan, dollar indeks diperkirakan akan bergerak di kisaran 94,5-94,7.

Kurs dollar AS pun diyakini akan menguat terhadap beberapa mata uang dunia, khususnya euro akibat makin tingginya potensi kenaikan tarif impor mobil dari Eropa sebesar 20% oleh Presiden AS Donald Trump.Yield US Treasury 10 tahun tetap di level 2,88% pada kemarin malam menunjukkan bahwa instrumen tersebut. BESTPROFIT

Tetap menjadi pilihan investasi di tengah ketidakpastian perang dagang antara AS, China, dan Eropa,” ungkap Ahmad dalam riset hari ini.Dia memproyeksikan, rupiah berpeluang melemah menunggu Rapat Dewan Gubernur BI yang menaikkan tingkat suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 5%.

Comments are closed.