Pasca bergerak liar, Wall Street berakhir negatif

Bestprofit-futures : NEW YORK. Setelah bergerak fluktuatif, bursa AS berakhir negatif pada transaksi. Pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor’s 500 turun 0,3% menjadi 1.990,20.

pasca bergerak

 

 

 

 

Sementara, indeks Dow Jones Industrial Average turun 0,4% menjadi 16.674,74. Adapun saham-saham yang sangat sensitif dengan kenaikan suku bunga -seperti utilities dan real estate- mengalami kenaikan setidaknya 0,9%. Sedangkan saham perbankan setidaknya mengalami penurunan 2,4%.

Pelemahan indeks S&P 500 terjadi pasca keputusan the Federal Reserve untuk tetap mempertahankan suku bunga acuannya di level mendekati nol. Hal ini memicu pertanyaan mengenai kekuatan ekonomi global.

Keputusan the Fed untuk tidak menaikkan suku bunga menunjukkan tingginya risiko ekonomi global dan perlambatan inflasi di AS. Jika the Fed tetap mempertahankan suku bunga, lalu apa yang harus dikatakan mengenai ekonomi? Bahwa ekonomi AS belum cukup kuat dengan kenaikan suku bunga. Ini yang dipikirkan pelaku pasar saat ini.

Ada beberapa alasan yang disinyalir mendasari keputusan the Fed tersebut. Beberapa di antaranya kecemasan mengenai perlambatan ekonomi global, rendahnya tingkat inflasi di AS, dan pergerakan pasar saham yang volatil pada Agustus.

Keputusan the Fed pada malam ini sekaligus mengonfirmasi bahwa perekonomian AS belum sepenuhnya menguat. Melihat perkembangan ekonomi global dan finansial belakangan ini, sepertinya aktivitas ekonomi bisa tersendat,” demikian pernyataan resmi the Fed.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/pasca-bergerak-liar-wall-street-berakhir-negatif

Comments are closed.