Pelemahan Rupiah Menahan Turunnya Harga Emas Batangan

bestBestprofit Pekanbaru – Anjloknya harga emas akhir pekan lalu tidak membuat Antam ikut menurunkan harga emas batangannya mengawali perdagangan pekan ini yang harganya masih sama dengan harga jual emas batangan akhir pekan lalu yang ditelah diturunkan Rp.1000 dari perdagangan sebelumnya.

Penurunan harga emas batangan awal pekan ini ditahan oleh pelemahan kurs Rupiah terhadap dolar AS akhir pekan lalu, biasanya dengan tren kurs Rupiah demikian Antam akan menaikkan harga emasnya namun turunnya harga emas di pasar komoditi internasional akhir pekan lalu cukup dalam bahkan hari Kamis (25/9) harga emas spot anjlok ke posisi terendah selama 9 bulan.

Harga emas jual emas batangan akhir pekan lalu jatuh ke Rp.423.000 per gram demikian juga dengan harga buyback jatuh ke posisi Rp.467.000 per gram. Dan harga yang terpantau di unit pemasaran Pulogadung hari ini (29/9) masih sama dengan harga pekan lalu. Demikian juga dengan harga jual emas batangan di butik emas gedung Antam jatuh seharga Rp.533.000 dan diluar Jakarta jatuh ke posisi Rp. 535.o0o per gram.

Sebagai informasi harga Rupiah akhir pekan lalu melemah menjadi Rp12.007 dibandingkan posisi sebelumnya di posisi Rp11.947 per dolar AS. Dan pagi ini kurs Rupiah yang terpantau pada perdagangan antar Bank jatuh lagi ke posisi Rp. 12121/USD.

Harga spot emas akhir pekan lalu jatuh 0,02% ke tingkat harga $1.217,45/t oz atau melemah $0,25/t oz dan untuk pergerakan hari ini, analyst memperkirakan harga emas akan naik jika data makro AS seperti Core PCE Price Index dan Pending Home Sales positif.

Comments are closed.