Penguatan Nikkei Dihambat Meredanya Pemelahan Yen

Bestprofit Pekanbaru – Merebaknya optimisme terhadap outlook perekonomian dunia mendorong Nikkeisedikit menguat di awal sesi Asia pagi ini (10/6). Indeks Nikkei berjangka menguat 0,23% dan kini diperdagangkan di level 15.170.

Sebelumnya otoritas China memangkas giro wajib minimum (GWM) untuk sebagian perbankan China. Investor menyambut baik keputusan ini dan berharap dapat menopang pertumbuhan ekonomi terbesar No.2 di dunia tersebut.

kpo1Perkembangan yang kian positif dari hubungan Rusia-Ukraina juga memberi harapan bakal reda kecemasan akibat risiko geo-politik global. Selain itu, pasar juga masih merasakan dampak positif dari pelonggaran moneter ECB minggu lalu. Mereka yakin kebijakan ECB tersebut mampu mencegah zona-euro jatuh ke dalam jurang deflasi.

Pasar memang dibanjiri sejumlah sentiment positif. Meski demikian, investor terlihat enggan mendorong kenaikan indeks yang terlalu jauh seiring meredanya pelemahanyen. USD/JPY menyentuh 102.44 di awal sesi Asia.

Investor memlihat yen mengalami kesulitan melanjutkan momentum pelemahan setelah kemarin menyentuh 102.63. Pelemahan yen merupakan salah satu faktor penopang rally bursa sahamJepang. Itulah sebabnya meredanya pelemahan yen dapat menggerogoti potensi rally saham lebih lanjut.

Pasar juga khawatir dengan kondisi ekonomi Jepang. Pasalnya, data yang dirilils pagi ini menunjukan berkurangnya aktivitas industri pasca kenaikan pajak penjualan 1 April. Aktivitas industri tertier Jepang turun 5,4% pada April. Angka ini lebih buruk daripada prediksi penurunan 3,3%. Pada rilis sebelumnya data aktivitas industry Jepang meningkat 2,4%.

Comments are closed.