Permintaan Mengendur, Emas Mundur Teratur

emas-turun-130518bBestprofit Pekanbaru – Emas melemah dua hari berturut-turut ditengah indikasi bahwa reli harga Emas ke level tinggi telah meredam permintaan Emas fisik maupun Emas investasi. Di Comex New York, Emas untuk pengiriman bulan Agustus diperdagangkan pada 1.313,90 per troy ons, atau melemah 0,21% dari penutupan perdagangan pekan lalu pada 1.316,60 USD.

Emas mengalami reli minggu ketiganya pekan lalu setelah The Fed mengatakan mereka akan mempertahankan suku bunga mendekati nol hingga beberapa waktu kedepan. Emas saat itu berada di jalur penguatan pertama sejak 2011 sebagai dampak dari meningkatnya kekerasan di Irak dan ketegangan antara Ukraina dan Rusia yang mendorong peningkatan permintaan safe haven. Namun akibatnya, di Tiongkok yang merupakan konsumen Emas terbesar di Dunia, volume kontrak spot acuan Shanghai jatuh.

Victor Thianpiriya dari ANZ menyebutkan bahwa bias condong pada harga Emas yang lebih lemah, akibat minat akan emas fisik yang rendah dari Tiongkok serta investor yang juga kekurangan minat.

Walaupun demikian, harga saat ini masih berkisar diatas 1300 USD sebagai efek tingginya risiko konflik Irak. Presiden AS Barack Obama telah mengatakan akan mengirimkan 300 anggota tentara special-ops ke Irak dan siap meluncurkan aksi militer kelak jika dibutuhkan. Investor akan mengamati perkembangan konflik Irak serta seberapa berat tekanan terhadap Dollar AS untuk sinyal-sinyal lebih lanjut.

Comments are closed.