Pos Indonesia Transfer BLT Rp306 Miliar ke 510 Ribu Keluarga

PT Pos Indonesia (Persero) mengaku telah mentransfer dana bansos berupa tunai (BLT) kepada 510 ribu keluarga penerima manfaat (KPM). Jumlah yang disalurkan oleh kantor pos BUMN itu sebesar Rp306 miliar.

Direktur Jaringan dan Layanan Keuangan Pos Indonesia Ihwan Sutardiyanta mengatakan penyaluran dana BLT dalam rangka mengurangi dampak covid-19 mencapai 11,59 persen dari total penerima bantuan mencapai 4,4 juta KPM. Penyaluran ini ialah penugasan dari pemerintah melalui Kementerian Sosial.

“Penyaluran ini menggunakan layanan pos yang ada di sekitar 4.000 kantor jaringan, ditambah dengan komunitas, serta diantar secara door-to-door, khususnya untuk penerima yang sudah tua dan difabel,” ujar Ihwan

Berdasarkan kebijakan pemerintah, BLT diberikan sebesar Rp600 ribu per penerima per bulan. BLT diberikan selama tiga bulan mulai dari April hingga Juni 2020.

“Pembayaran dilakukan dengan memperhatikan aspek social distancing dan protokol kesehatan covid-19,” imbuh dia.

Sebelumnya, Menteri Sosial Juliari P Batubara mengatakan secara total BLT akan diberikan kepada 9 juta KPM. Namun pada tahap awal, pemerintah memberikan BLT kepada 4,4 juta KPM yang terdiri dari 1,8 juta KPM pada tahap pertama dan 2,6 juta KPM pada tahap kedua.

“Untuk yang melalui kantor pos yang sedang berjalan diberikan kepada 1,8 juta kepala keluarga,” kata Juliari.

Sementara, penyaluran BLT melalui bank pelat merah sekitar 785 ribu KPM. Dia mengatakan verifikasi pemberian BLT melalui kantor pos akan dilakukan melalui undangan yang jadwalnya sudah ditentukan.

“Mereka akan dicek identitasnya untuk mendapatkan uang tunai Rp600 ribu di kantor pos,” jelasnya.

Untuk bank negara, pemerintah menunjuk PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI. Bank Mandiri telah menyalurkan bansos tunai sebesar Rp24,19 miliar kepada 40.049 KPM di 105 kota/kabupaten di Pulau Jawa pada pencairan tahap pertama di April 2020.

Sementara, BRI menyalurkan bansos tunai mencapai Rp316 miliar kepada 528.320 keluarga. Penyaluran pada tanggal 27-29 April 2020 lalu melalui fasilitas Mass Fund Transfer sebesar Rp600 ribu ke rekening masing-masing penerima.

1Pingbacks & Trackbacks on Pos Indonesia Transfer BLT Rp306 Miliar ke 510 Ribu Keluarga