Poundsterling melaju tinggalkan yen

Bestprofit-futures : Keunggulan poundsterling masih harus diakui oleh yen. Kontrasnya rilis data ekonomi kedua negara menjadi salah satu pemicunya. Pasangan GBP/JPY pun melambung 0,20% ke level 193,30 dibanding hari sebelumnya. Yen tertekan rilis data penjualan ritel Jepang Juni 2015 yang merosot tajam menjadi 0,9% dari bulan sebelumnya naik 3%.

pound

 

 

 

 

Serupa, pasangan GBP/JPY bisa terdorong naik menurut Agus Chandra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures karena memang data ekonomi Inggris jauh positif di atas data Jepang. Sebelumnya pada Selasa (28/7) data prelim GDP kuartal dua Inggris melambung 0,7% dari sebelumnya 0,4% memberi efek penguatan sterling hingga hari ini.

Ditambah lagi dengan positifnya data-data ekonomi Inggris. Adapun rilis data net lending individuals Inggris Juni 2015 naik dari 3,5 juta poundtserling menjadi 3,8 juta poundtserling. Begitu juga dengan persetujuan KPR di Inggris bulan Juni yang naik dari 65.000 menjadi 67.000.

Di sisi lain, yen tertekan akibat rilis data ekonomi yang negatif. Agus menduga, GBP/JPY masih akan melanjutkan penguatannya. GBP yang bagus memberi peluang kenaikan suku bunga Bank of England (BOE) terbuka lebar. Itu cukup menjadi faktor yang memberikan kekuatan bagi poundsterling untuk bertahan.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/poundsterling-melaju-tinggalkan-yen

Comments are closed.