Analis Saatnya beli emas batangan

Logam mulia berupa emas batangan di toko emas Ibu Kota, Cikini, Jakarta. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/24/06/08

 

PT Bestprofit | Analis Saatnya beli emas batangan

 

PT Bestprofit – JAKARTA. Pamor emas batangan produksi PT Logam Mulia, anak usaha PT Aneka Tambang Tbk (Antam) tengah meredup. Jumat lalu, emas Antam dilego Rp 585.000 per gram, atau turun Rp 4.000 per gram dalam sepekan terakhir. Sementara harga buyback mencapai Rp 499.000 per gram, turun Rp 12.000 per gram dalam sepekan.

Tonny Mariano, Analis Esandar Arthamas Berjangka, menuturkan, penurunan harga emas berjangka belakangan ini ikut menyeret turun harga emas Antam. Senin (12/12) pukul 16.25 WIB, harga emas kontrak pengiriman Februari 2017 di Commodity Exchange turun 0,64% menjadi US$ 1.154,50 per ons troi. Pelaku pasar menanti hasil pertemuan Federal Open Market Committee,” ujar Tonny.

Pelaku pasar meyakini The Federal Reserve bakal menaikkan suku bunga. Selain itu, pelaku pasar juga ingin melihat proyeksi bank sentral Amerika Serikat (AS) ini soal perekonomian AS di 2017. Belakangan ini, data-data ekonomi AS cukup positif. Alhasil, emas dan aset safe haven lainnya ditinggalkan pasar. Petinggi The Fed dijadwalkan mengumumkan kebijakan moneternya pada Kamis dinihari waktu Indonesia.

Proyeksi Tonny, jika The Fed benar-benar menaikkan bunga, maka harga emas spot bisa terpuruk. Suluh Adil Wicaksono, Analis Cerdas Indonesia Berjangka, mengatakan harga emas Antam akan makin tertekan bila The Fed juga memberikan sinyal akan menaikkan suku bunga tahun depan, setidaknya dua kali. Padahal, sentimen kenaikan suku bunga akhir tahun ini saja sudah membuat harga emas tertekan.

Dus, Suluh menilai emas masih dalam tren bearish. Namun, bukan berarti harga emas batangan Antam juga akan ikut turun. “Sebab suku bunga yang naik akan menopang penguatan dollar AS, yang berimbas pada pelemahan rupiah. Karena itu, posisi harga emas Antam akan terjaga dan tidak terkoreksi tajam,” analisa Tonny.

Selain itu, ada harapan permintaan emas fisik di akhir tahun naik. Pekan ini, ia memprediksi harga emas Antam bergerak antara Rp 575.000-Rp 595.000 per gram. Ini dengan asumsi harga emas di pasar spot mencapai US$ 1.150-US$ 1.190 per ons troi.

PT Bestprofit

Comments are closed.