Emas ke level tertinggi lebih sepekan ini

Emas batangan PT. Antam. KONTAN/BAihaki/17/02/2017

PT Bestprofit – Emas ke level tertinggi lebih sepekan ini

 

PT Bestprofit – LONDON. Harga emas merangkak naik ke level tertinggi lebih dari sepekan pada perdagangan Kamis. Setelah Bank Sentral AS hanya mengisyaratkan kebijakan pengetatan secara bertahap dan dollar merosot ke posisi terendah dalam satu bulan.

Mengutip Reuters, emas spot telah naik 0,7% ke level US$ 1.227,04 per ons troi pada pukul 13.55 GMT setelah sempat menyentuh US$ 1.233,13. Merupakan level tertinggi sejak 6 Maret. Sedangkan, emas berjangka untuk pengiriman April naik 2,2% pada US$ 1.227,30 per ons troi.

Sebelumnya, The Fed memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuannya untuk kedua kalinya dalam tiga bulan, sebagaimana yang diharapkan. Tetapi bank sentral tidak berencana untuk mempercepat laju kebijakan pengetatan moneter.

 Indeks dollar mencapai level terendah satu bulan setelah pengumuman Fed dan turun 0,24 % pada posisi 100,50. “Yang diharapkan pengumuman bernada hawkish, sebaliknya mendapatkan nada dovish dengan tidak ada perubahan rencana ke depan yang menyebabkan pemulihan emas hari ini,” kata Ole Hanse, kepala analis komoditas Saxo Bank.

Asal tahu saja, emas sangat sensitif terhadap kenaikan suku bunga AS. Pasalnya akan meningkatkan biaya untuk memiliki logam mulia tersebut. Di sisi lain, mendorong penguatan dollar di mana itu adalah harga.

Tetapi bank sentral tidak berencana untuk mempercepat laju kebijakan pengetatan moneter. Yang diharapkan pengumuman bernada hawkish, sebaliknya mendapatkan nada dovish dengan tidak ada perubahan rencana ke depan yang menyebabkan pemulihan emas hari ini,” kata Ole Hanse, kepala analis komoditas Saxo Bank.

PT Bestprofit

Comments are closed.