Akhir Pekan, Rupiah Melemah Rp 13.163/USD

akhirPT Bestprofit Futures |  Akhir Pekan, Rupiah Melemah Rp 13.163/USD

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – Kuatnya tekanan pasar, membuat nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan akhir pekan ini ditutup terpuruk di jalur negatif.  Kurs rupiah pada perdagangan akhir pekan ini ditutup melemah sebesar 43 poin atau turun 0,33% ke kisaran Rp 13.163 per dolar AS.

Kurs rupiah terhadap dolar AS pada hari ini dibuka di kisaran Rp  13.117 per dolar AS. Sedangkan, pergerakan rupiah terhadap dolar AS pada sore ini berada di kisaran Rp 13.110 – Rp 13.194 per dolar AS.  Sedangkan kurs tengah nilai tukar rupiah terhadap dolar AS yang dikeluarkan Bank Indonesia Jumat berada di kisaran Rp 13.119 per dolar AS.

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) secara resmi membuka penawaran sukuk tabungan seri ST-001 tahun 2016 yang akan dimulai 22 Agustus sampai 2 September 2016. Sukuk ini memiliki jangka waktu dua tahun dengan bunga 6,9% per tahun.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Robert Pakpahan mengatakan, pembayaran dilakukan secara bilanan dalam jumlah tetap. Sukuk tersebut tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder.

Meski demikian, diberikan fasilitas pencairan sebelum jatuh tempo yakni pada akhir tahun pertama kepemilikan dan maksimal dicairkan sebelum jatuh tempo adalah 50% dari sukuk tabungan seri ST-001 yang dimiliki investor.

Sedangkan target pengumpulan dana sebesar Rp2 triliun. Namun masih bisa ditingkatkan jadi Rp3 triliun berdasarkan survei ke agen penjual.  Disampaikan, sukuk tabungan merupakan varian dari sukuk ritel negara yang diterbitkan pemerintah. Tujuannya untuk melakukan diversifikasi instrumen surat berharga negara, memperluas basis investor serta mendukung keuangan inklusif.

 

Sumber : http://financeroll.co.id/news/akhir-pekan-rupiah-melemah-rp-13-163usd/

Comments are closed.