Inilah berbagai ancaman terhadap rupiah

Stok uang tunai rupiah di Cash Center Bank Negara Indonesia (BNI), Jakarta, Jumat (17/6). KONTAN/Muradi/2916/06/17

PT Bestprofit Futures | Inilah berbagai ancaman terhadap rupiah

 

PT Bestprofit-Futures Pekanbaru – JAKARTA. Meski dalam rentang yang kian tipis, pelemahan rupiah berlanjut. Di pasar spot, Selasa valuasi rupiah tergelincir tipis 0,01% menjadi Rp 13.268 per dollar AS. Sedangkan di kurs tengah Bank Indonesia (BI) nilai tukar rupiah terangkat 0,11% ke Rp 13.260 per dollar AS. Analis Pasar Uang Bank Mandiri Reny Eka Putri menuturkan, pergerakan rupiah kemarin terhitung flat.

Pelemahan masih terasa karena imbas pernyataan Gubernur The Fed Janet Yellen terkait kenaikan suku bunga. Apalagi menurut Putu Agus Pransuamitra, Research and Analyst PT Monex Investindo Futures, katalis negatif justru datang dari dalam negeri dengan aksi net sell yang tinggi di pasar saham. Ini imbas belum terlihatnya penyerapan dana tax amnesty yang sebesar harapan pasar.

Putu menduga, Rabu rupiah melanjutkan pelemahan. Potensi pelemahan semakin besar, mengingat di akhir bulan permintaan dollar AS domestik cukup tinggi. Untuk itu Reny menduga, rupiah Rabu di kisaran Rp 13.230– Rp 13.295 per dollar AS. Sementara Putu memperkirakan antara Rp 13.200–Rp 13.350 per dollar AS.

Kendati demikian, pihaknya juga menyeimbangkan porsi deposito untuk menjaga cashflow.”Sehingga apabila sewaktu-waktu investor ingin mencairkan dananya, kami siap,” ujar Markam.

Markam mengatakan produk ini memiliki prospek menarik karena mencetak return lebih tinggi dibandingkan deposito. Dia menghitung, investor hanya akan mendapatkan bunga bersih di deposito sekitar 6,2%. “Apabila suku bunga deposito 7,75%, setelah dipotong pajak 20% maka bunga nett yang diterima investor di deposito hanya sekitar 6,2%,” tutur dia.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/inilah-berbagai-ancaman-terhadap-rupiah

Comments are closed.