Awal tahun terburuk bagi Wall Street sejak 2001

awal tahun

PT Bestprofit Futures | Awal tahun terburuk bagi Wall Street sejak 2001

 

Bestprofit-futures : NEW YORK. Bursa AS tumbang mengawali transaksi perdana perdagangan, pada pukul 16.00 waktu New York, indeks Standard & Poor’s 500 tertekan 1,5% menjadi 2.012,98. Sebelumnya, indeks acuan AS ini bahkan merosot hingga 2,7%. Ini merupakan permulaan terburuk sejak 2001 silam.

Sedangkan indeks Dow Jones Industrial Average ditutup dengan penurunan 1,58%. Penurunan bursa AS terjadi seiring anjloknya pasar saham China. Kondisi itu menyebabkan kecemasan baru bagi investor dunia bahwa perlambatan ekonomi Negeri Panda akan menghambat proses pemulihan ekonomi global.

Data ekonomi di AS negatif. Sedangkan China menjadi pengingat bahwa tidak akan banyak hal yang bullish terjadi pada tahun ini,: jelas Micael O’Rouke, chief market strategist Jones Trading Institutional Services LLC di Connecticut.

Dia menambahkan, ada tiga katalis yang menjadi persyaratan pasar busllish yakni pemulihan ekonomi, pemulihan kinerja, dan kebijakan yang akomodatif. “Meski ekonomi saat ini sudah membaik, tapi dua syarat lainnya kita belum punya. Sekadar tambahan informasi, transaksi perdagangan di China disuspensi setelah indeks CSI 300 anjlok hingga 7% kemarin.

Anthonius Edyson, Time Analysts PT Astronacci International Futures mengatakan, Inggris merilis data inflasi bulan Agustus yang masih stagnan di level 0,6% secara year on year. Data tersebut menjadi beban pada laju sterling di hadapan CAD. “Ekonomi Inggris masih tergolong stagnan dan belum ada sentimen yang mempercepat laju perekonomian,” paparnya.

Meski demikian, GBP masih menguat terhadap dollar Kanada lantaran tertekan data ekonomi Kanada yang mengecewakan. Inflasi Kanada bulan Agustus tetap di level 0,0% serta di bawah proyeksi sebesar 0,2%. “Inflasi Kanada membuat pasangan GBP/CAD sedikit menguat, tetapi tren tetap bearish.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/awal-tahun-terburuk-bagi-wall-street-sejak-2001

Comments are closed.