Beban si kuning kian menggunung

Gold bullion is displayed at Hatton Garden Metals precious metal dealers in London, Britain July 21, 2015. REUTERS/Neil Hall/File Photo

PT Bestprofit Futures | Beban si kuning kian menggunung

 

PT Bestprofit Futures – JAKARTA : Laju kencang harga emas akhirnya terhenti. Bahkan dalam enam hari terakhir, si kuning terus melemah. Mengutip Bloomberg, Kamis pukul 17.12 WIB harga emas kontrak pengiriman Agustus 2016 di Commodity Exchange merosot 1,13% jadi US$ 1.328,30 per ons troi.

Sepekan terakhir harganya menukik 2,48%. Research and Analyst PT Monex Investindo Futures Yulia Safrina mengatakan, perbaikan di pasar saham Eropa dan Asia menjadi beban bagi harga emas. Pelaku pasar memilih beralih ke aset berisiko dan sesaat meninggalkan safe haven.

Apalagi, pasar tengah fokus pada langkah moneter Bank of England (BoE) pasca Brexit dan pergantian kepemimpinan perdana menteri. Antisipasi ini menguntungkan USD karena menggerus kekuatan poundsterling. Ditambah, pasar berbalut optimisme dari pelonggaran stimulus yang akan dilakukan People’s Bank of China (PBOC) dan Bank of Japan (BoJ).

Analis PT Finex Berjangka Nanang Wahyudin menambahkan, penurunan harga emas bisa berakhir. Menyusul sentimen negatif yang datang dari laporan Beige Book AS, yang mengindikasikan meski ekonomi AS berada dalam jalur positif, kenaikan suku bunga belum akan terjadi dalam waktu dekat. Karena The Fed harus mempertimbangkan risiko ekonomi global akibat Brexit.

Peluang The Fed menaikkan suku bunga tahun ini semakin kecil. USD bisa melemah lagi dan ini bisa dimanfaatkan harga emas. Jumat kans harga emas naik terbuka. Jika BoE melakukan pelonggaran stimulus yang direspon positif pasar, poundsterling bisa unggul. Saat poundsterling unggul, pasar akan meninggalkan USD.

 

Sumber : http://investasi.kontan.co.id/news/beban-si-kuning-kian-menggunung

Comments are closed.